Saham Batubara Hari Ini, Analisa Saham nya dan Peluang Trading

Saham batubara hari ini tidak mau kalah dengan pergerakan saham sektor lain nya. Beberapa saham batubara yang mengalami kenaikan di atas 2 % pada bursa hari ini adalah saham PTRO dengan 2.01 % saham TOBA dengan 2.96 % , saham MYOH dengan 3.33 % , saham DOID dengan 3.85% , saham ITMG dengan 4.13 % , sahamHRUM dengan 4.84 % dan saham GTBO dengan 11.54 % .

IHSG kembali ditutup perkasa di level 4941 rupiah , menguat selama 6 hari berturut turut seolah olah menghilangkan suggesty Sell on May and Go Away .

Baca Juga : Sell on May and Go Away

Kembali ke saham batubara , di antara saham batubara yang mengalami penguatan per hari ini , ada satu saham yang cukup menarik perhatian yaitu saham ITMG. Kenapa menarik ? di antaranya adalah karena saham ITMG ini mau membagikan dividen nya dengan jumlah dan jadwal sebagai berikut:

Saham Batubara Hari Ini Dividen ITMG
Saham Batubara Hari Ini Jadwal Dividen ITMG

Cum date pada tanggal 5 Juni mendatang dan ex date pada 8 Juni mendatang. Perusahaan batubara ini termasuk salah satu perusahaan yang paling rajin membagikan dividen , setahun 2 kali membagikan dividen nya. Meskipun sempat menyentuh 5650 rupiah saham ini mampu rebound hingga menyentuh level 8825 rupiah per harga penutupan hari ini , mengalami kenaikan sebesar 3175 rupiah atau setara dengan 56.2 % dari closing terendah nya.

Baca Juga : Pembagian Dividen Emiten

Saham batubara satu ini termasuk saham yang sangat di minati baik oleh trader maupun investor salah satunya adalah karena faktor dividen nya yang sangat menarik. Apakah dengan harga saat ini masih worthed untuk masuk ke saham ini ?

Jika kita mengharapkan dividen nya , dengan harga penutupan per hari ini , yield yang anda peroleh adalah sebesar 6.45 % angka yang cukup menarik jika dibandingkan dengan deposito tentunya namun ada satu hal yang perlu di ingat bahwa saham ini sudah mengalami kenaikan sebesar 56.2 % dari koreksi terendah nya di tahun ini, apakah ada kemungkinan akan di bawa ke harga yang sama ? no one know the answer tapi semua adalah mungkin di dunia pasar modal. Jika kita sudah mengerjakan pekerjaan rumah kita sebelum berinvestasi di suatu saham , tentunya kita bisa mengambil keputusan yang lebih bijak.

Jika kita menengok laporan keuangan quarter 1 dari perusahaan ini memang rasanya wajar jika harga sempat di bawa ke level 5650 rupiah namun kembali ke kepiawaian management perusahaan ini untuk mengembalikan kepercayaan investor terbukti mampu mengangkat kembali harga saham nya. Berbagai kebijaksanaan termasuk penerapan new normal dan penempatan alokasi capex dan pembagian dividen ternyata mampu memompa harga dari saham ini.

Jika kita perhatikan valuasi singkat dari perusahaan ini sebagai berikut :

Valuasi ITMG
Valuasi ITMG

Dividen yield di sini adalah gabungan tahun buku 2019 sebesar 570 + 705 akan di peroleh yield sebesar 14.45 % per harga penutupan di hari ini. Jadi jangan salah perhitungan ya , karena dividen pertama yang sudah di bagikan adalah 705 rupiah . Jika anda masuk dengan harga 8825 rupiah maka yield nya adalah 570/ 8825 atau sebesar 6.45 % karena masih banyak sekali trader yang terjebak dengan angka yield sebesar 14.45 % ini. Jika kita perhatikan PBVR dari saham ini sebesar 0.81x masih di bawah 1x dan nilai PER sebesar 11.46 x so kembali ke kriteria saham anda masing masing , apakah ini termasuk murah atau mahal tentunya dan jangan lupa untuk membandingkan dengan saham perusahaan lain nya yang satu sektor dengan ITMG ini tentunya. Salah satu sisi negative dari tambang batubara adalah sangat tergantung sekali terhadap cuaca dan harga batubara dunia.

Baca juga : Cara menghitung harga wajar saham

Jika kita perhatikan sekilas teknikal dari saham ini sebagai berikut

Analisa Teknikal ITMG
Analisa Teknikal ITMG

Secara candle hari ini ditutup cantik dengan posisi harga menempel bollinger band atas didukung dengan volume nya. Secara MACD masih melanjutkan trend positif didukung dengan RSI yang berada di atas level 80 , tekanan beli masih sangat kuat per penutupan di hari ini , peluang koreksi masih mungkin terjadi untuk besok namun dengan cum date dividen , trend penguatan masih akan terjadi hingga ex date nya nanti. Silahkan perhatikan level resistance dari saham ini cukup kuat di angka 9000 rupiah , jika ini tertembus next level resistance ada di angka 9800 rupiah sementara level support kuat ada di angka 8100 rupiah.

Salam Sukses Investasi!