Saham Batubara Hari Ini Tumbang Masih Layak Beli atau Tidak ?

Saham Batubara menjadi salah satu saham yang hot selama beberapa hari belakangan dengan mencatatkan kenaikan harga saham saham nya yang luar biasa namun pada hari ini harga saham nya bertumbangan apakah masih menarik untuk di lirik saham saham batubara ini ? Mari kita perhatikan salah satu saham yang bergerak di sub sektor Oil, Gas & Coal ini .

Saham Indo Tambangraya Megah Tbk dengan kode saham ITMG

Saham ITMG ini mencatatkan kenaikan sebesar 189.39 % dari harga low satu tahun nya di harga 7975 rupiah terhitung per harga penutupan hari ini di harga 23875 rupiah. Sempat menyentuh level tertinggi nya dalam satu tahun terakhir di angka 27000 rupiah. Per perdagangan bursa hari ini saham ITMG ditutup auto reject bawah di angka 23875 rupiah. Kok bisa ARB ? Mari kita perhatikan broker summary dari saham ITMG per hari ini.

Broker Summary ITMG
Broker Summary

Dari broker summary nya terlihat distribusi mutlak dengan top 5 seller nya DX, RX,YU,BB dan CS . Namun jika kita perhatikan yang menampung besar ada BK dan ZP boleh di bilang perang broker asing di saham ITMG ini. Jika kita perhatikan sejak awal tahun BK tercatatkan memegang saham ITMG sebesar 186.9 Milyar rupiah di harga rata rata 16059 rupiah. Meskipun hari ini ARB terlihat bahwa BK ini tetap menampung barang yang artinya apa ? Artinya BK ini masih me maintain saham ITMG ini.

Baca Juga : Analisa Teknikal Saham ITMG dan Saham TLKM Duo Manufer Beda Hasil

Sekilas fundamental dengan harga 23875 rupiah jika kita perhatikan PBVR dari saham ini berada di angka 2.04 x dan PER diangka 7.91x dan Dividend Yield nya 1.99 %. Dari sudut pandang value investor tentunya nilai PBVR nya sudah termasuk premium meskipun nilai PER nya masih boleh di bilang murah. Apakah ARB hari ini merupakan peluang untuk kembali membeli saham ini ? Mari kita perhatikan secara teknikal nya.

Saham Batubara ITMG Daily Chart
Saham Batubara ITMG Daily Chart

Dari daily chart nya secara stochastic memang sudah berada di area premium atau mahal meskipun secara MACD nya belum menunjukan adanya DC. Untuk strategy penggunaan double cross MACD dan Stochastic anda bisa pelajari di sini. Terus bagaimana jika kita sudah mempunyai saham nya ? Jika anda sudah mempunyai saham ini dan berencana menyimpan untuk jangka panjang tentunya masih aman untuk di simpan silahkan perhatikan pergerakan dari broker BK time to time jika broker ini melepas barang tentunya anda jangan sampai ketinggalan untuk melepasnya juga. Terus untuk yang trading harian apakah bisa masuk ? Untuk trading harian silahkan anda buka chart dengan time frame lebih kecil dengan 27100 sebagai level resistance kuat nya dan 24525 rupiah sebagai level support kuat dari saham ini. Anda bisa melakukan analisa teknikal sederhana dengan cara yang sama untuk saham saham lain nya untuk mencari peluang trading harian dengan metode yang cukup sederhana ini.

Jangan lupa untuk like dan share and follow our instagram @analisafundamental

Salam Sukses Investasi !!!

Ayo Share follow dan like kita ya: