Saham PPRO Hari Ini Pergerakan dan Analisanya 070421

Saham PPRO hari ini bagaimana pergerakan nya ? Pertanyaan nya kenapa PPRO yang di bahas yang secara fundamental tidak bagus karena kinerja perusahaan yang masih mengecewakan meskipun masih rajin membagikan dividend walaupun hanya 0.82 % yield nya. Saham PPRO ini jika kita analisa 3 tahunan nya masih dalam posisi -66.67 % dari posisi tertinggi dalam jangka 3 tahun nya di angka 208 rupiah. O iya salah satu hal yang pada awalnya menarik adalah karena salah satu pemegang saham PPRO ini adalah PT Asuransi Jiwasraya yang notabene sempat terbelit utang . Jadi wajar saja jika beberapa saham yang di miliki PT ini diterbangkan secara bersama sama namun sialnya saham PPRO ini tertinggal dan utang nya keburu lunas .Apakah nantinya akan diterbangkan menyusul ? No body knows .

Saham ini dua hari berturut turut membentuk doji candle meskipun blom ada formasi terdeteksi dari saham ini. Sempat di bawa ke level support di harga 64 rupiah dan di pantulkan kembali secara market menilai harga 64 rupiah ini terlalu murah secara rupiah , secara value ya tetap mahal jika acuan kita PBV di bawah satu . Pada saat artikel ini di buat BV dari saham ini tercatatkan 65 rupiah. Bagaimana gambar chart dari PPRO ini ?

Saham PPRO hari ini secara teknikal bisa kita perhatikan chart di bawah ini:

Saham PPRO Hari Ini Chart
Saham PPRO Hari Ini Chart Teknikal

Kita mempergunakan MA 5,10 dan 20 sedangkan MA 120 dan MA 200 di atas hanya sebagai acuan saja. Pergerakan harga di hari ini sempat di bawa ke level 70 rupiah tertinggi dan 66 rupiah terendahnya meskipun pada akhirnya di tutup pada harga pembukaan di level 68 rupiah sehingga terbentuklah doji candle dan jika kita perhatikan doji ini merupakan doji kedua .Jika kita zoom posisi harga di hari ini dengan nilai MA nya bisa kita perhatikan gambar di bawah ini.

Chart PPRO
Chart PPRO

Harga penutupan di hari ini masih berada di bawah ketiga MA nya ya dimana MA 5 di harga 69 rupiah , MA 10 di harga 73 rupiah dan MA 20 di harga 76 rupiah. Dari segi MA saham ini strong sell baik MA simple maupun MA exponential nya. Kemudian pertanyaan nya adalah yang terlanjur nyangkut bagaimana ? Apakah cut loss atau bagaimana ? Jika anda trader disiplin tentunya sudah cut loss sejak lama namun yang tidak tega untuk cut loss masih bisa di olah secara perlahan. Saham ini biasanya bergerak naik di 5 menit pertama sejak market buka dan akan diturunkan setelahnya meskipun hal ini tidak menjamin akan terulang di hari berikutnya ya . Jadi sangat kita sarankan untuk mengamati pergerakan harga saham apapun yang akan anda beli maupun akan di maintain saat nyangkut. Kelihatanya mudah ya jika kita melihat low nya di 66 rupiah dan high nya di 70 rupiah but trust me it is not easy to buy and sell at that point. Hanya mengandalkan 3 garis MA saja tentunya kurang membantu , mari kita perhatikan satu indikator lagi yaitu MACD. Jika kita perhatikan posisi DC dari MACD nya sudah cukup lama terbentuknya dan belum ada tanda tanda untuk menuju GC untuk MACD nya.

PPRO Chart MACD
PPRO MACD Chart

Posisi masih di bawah nol untuk MACD nya diangka -3.11 , untuk melakukan pengolahan porto yang nyangkut di saham ini hendaknya menunggu dulu hingga terbentuk indikasi MACD akan balik arah meskipun ada bisa melakukan tik tok dengan memanfaatkan swing harga harian dari saham ini. Sebagai contoh anda bisa cut loss dengan menjual sebagian porto anda di harga satu tik di bawah harga tertinggi atau bisa anda di jual di harga tertinggi harian nya jika anda memantau pergerakan saham ini setiap menitnya meskipun sangat tidak mudah pertama karena kita tidak pernah tahu harga tertinggi di hari ini dan harga terendah di hari ini. Acuan yang bisa kita pakai adalah harga hari sebelumnya untuk kita jadikan acuan jual dan beli nya. Untuk harga jual dan beli besok , kita bisa menggunakan harga hari ini sebagai acuan so jual di 70 rupiah dan beli lagi di 66 rupiah atau range 66 sampai dengan 70 rupiah. Sebagai contoh mudahnya jika anda nyangkut di harga 100 rupiah misalnya sebanyak 2000 lot anda bisa menjual 10% nya di harga 70 rupiah dan membeli kembali di harga 66 rupiah bisa dengan jumlah lot yang sama saat jual dan membeli kembali dan anda akan mendapatkan sisa hasil jual beli atau anda bisa membeli dengan menggunakan seluaruh uang hasil penjualannya sehingga anda akan memperoleh rata rata yang turun dan jumlah lot yang bertambah. Ilustrasinya seperti tabel berikut ini :

Maintain Saham
Saham ppro hari ini Maintain Saham

Disini anda melakukan cut loss sebesar 30.34 percent atau 607,860 rupiah dari 10 % modal awal anda dan dengan melakukan pembelian kembali , anda mendapatkan tambahan 11 lot sehingga total saham anda menjadi 2011 lot dengan sisa rupiah 694,06 rupiah. Proses ini bisa di ulang secara terus menerus , pertanyaan nya kenapa 10 % ? Kita tidak pernah tahu apakah saham ini akan di naikan tinggi ataupun di banting lagi sehingga nilai 10% masih relative aman. Cara ini sangat beresiko mengingat posisi MACD nya masih blom ada indikasi untuk GC. Anda bisa menunggu saham untuk rebound baru melakukan maintain seperti di atas. Ada satu catatan penting dari saham ini sebelum saya lupa untuk share yaitu secara bandarmology nya . Untuk posisi top 5 broker nya periode satu hari nya terjadi akumulasi , periode 5 , 10 dan 20 hari nya masih distribusi namun asing mencatatkan sedang terjadi akumulasi baik periode 1,5,10 dan 20 hari nya.

Baca juga : Solusi Saham Nyangkut Akut

Secara kesimpulan saham ini masih strong sell position secara indikator teknikal nya seperti grafik di bawah ini.

Saham ppro hari ini Strong Sell PPRO
Saham PPRO Hari Ini Strong Sell Indicator

Jangan lupa untuk like and share dan follow our instagram @analisafundamental

Salam sukses investasi !!!

Ayo Share follow dan like kita ya: