Cara Screening Saham Untuk Swing Trading Secara Simple and It Work

Cara screening saham untuk swing trading part 1 , pada kesempatan kali ini di analisafundamental.com kita akan share salah satu cara untuk screening saham yang bisa kita gunakan untuk trading harian maupun swing trading. Kita akan memulai screening berdasarkan fundamental dari perusahaan nya dahulu just in case kalau trading tidak sesuai dengan yang kita inginkan dan kita malah nyangkut di saham suatu perusahaan setidaknya jika kita nyangkut di perusahaan dengan fundamental bagus , akan sedikit menenangkan jiwa dan raga. Why ? Karena rata rata kebanyakan trader itu trading dulu , nyangkut , baru cek fundamental perusahaan. Untuk sedikit meminimalisasi kesalahan sejenis , kita akan melakukan screening dengan acuan fundamental perusahaan terlebih dahulu. Langkah awal yang kita lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Screening saham perusahaan dengan PBV <= 1
  2. Hilangkan perusahaan PBV nya minus
  3. Hilangkan perusahaan yang saham nya sedang di parkir di 50 rupiah

Langkah pertama screening saham perusahaan dengan PBV dibawah atau sama dengan satu. Setelah kita melakukan screening tersebut kita peroleh sekitar 157 saham perusahaan yang berada di bawah 1 nilai book value nya. Silahkan perhatikan gambar di bawah ini :

Cara Screening Saham PBV di bawah 1
Cara Screening Saham PBV di bawah 1

Kenapa di bawah satu nilai PBV nya yang kita cari ? Salah satu ciri saham perusahaan di katakan murah adalah jika PBV nya di bawah satu. Ini hanya merupakan salah satu ciri saja , ingat bahwa murah dan murahan akan tercampur di sini. Kita akan membahas lebih detail dalam postingan ini. Dari gambar di atas kita mendapatkan ada 157 saham perusahaan yang mempunyai PBV dibawah satu.

Langkah berikutnya adalah kita akan hilangkan saham perusahaan yang mempunyai nilai PBV minus. Kita memperoleh 22 saham perusahaan yang berada di posisi minus nilai PBV nya.

Langkah berikutnya adalah kita akan membuang saham saham dengan harga 50 rupiah atau sedang di parkir. Jika kita menghilangkan saham saham dengan harga 50 rupiah , kita akan mendapatkan 34 saham diharga 50 rupiah.

Jika kita gabungkan antara saham perusahaan dengan PBV minus dan harga 50 rupiah , kita peroleh 56 saham perusahaan dengan PBV minus, harga 50 rupiah sehingga kita peroleh 101 saham perusahaan dengan PBV di bawah satu dan harga di atas 50 rupiah.

Kita akan melakukan penyaringan tahap berikutnya di postingan selanjut nya , jangan lupa untuk like and share and follow our instagram @analisafundamental