Analisa Fundamental Saham ASSA Base on LK Q3 2019

Analisa fundamental saham ASSA atau Adi Sarana Armada apakah menarik untuk di jadikan kendaraan investasi ataukah tidak ? Saham ASSA menjadi salah satu trending topik para trader dan investor untuk saat ini. Apa saja yang perlu kita ketahui untuk analisa fundamental saham ASSA ini , yuk kita bahas satu persatu.

Analisa fundamental saham ASSA

Bidang Usaha

ASSA didirikan pada tahun 2003 dengan armada awal sejumlah 819 unit di bawah nama Adira Rent. Sejak Oktober tahun 2010, perusahaan resmi berganti nama menjadi ASSA dengan mengutamakan komitmen untuk menyediakan kualitas layanan terbaik dan menjadi “Trusted Partner in Transportation Services”.

Saat ini ASSA telah mengelola lebih dari 21.300++ kendaraan dan 4.100++ pengemudi melayani lebih dari 1.000 perusahaan di Indonesia. ASSA juga telah meperluas wilayah layanan ke hampir semua kota besar utama dan memberikan jaminan kelancaran operasional melalui 44 jaringan di seluruh Indonesia, lebih dari 900 bengkel perbaikan resmi, dengan didukung layanan 24 jam dari Solution Center 1500-369.

PT Adi Sarana Armada Tbk bergerak pada bidang usaha transportasi sebagai berikut :

  • ASSA Rent : Menyediakan kebutuhan sewa kendaraan operasional bulanan maupun tahunan untuk perusahaan Anda.
  • ASSA Logistic : Menyediakan layanan transportasi logistik untuk membantu manajemen distribusi barang Anda agar terkelola dengan baik.
  • ASSA Driver Service : Menyediakan tenaga pengemudi profesional, andal dan terlatih. Siap mengantar Anda dengan aman dan nyaman sampai ke tujuan.
  • JBA (JBA BidWin Auction) : BidWin dan JBA resmi menjadi satu di bawah bendera JBA (JBA BidWin Auction) mulai tahun 2019 yang fokus pada penjualan berbagai unit otomotif dengan sistem lelang.
  • Share Car : Aplikasi sewa mobil online lepas kunci mulai dari hitungan jam dan dapat digunakan kapan saja 24/7 untuk berbagai kebutuhan, baik urusan kantor atau pribadi.
  • Caroline : Sebuah situs yang dapat mempertemukan pembeli dan penjual mobil bekas dengan harga yang transparan dan kualitas yang terpercaya

Bisnis transportasi terutama transportasi darat merupakan bisnis yang tidak ada matinya dalam artian jika kita melihat ke 10 tahun kedepan bisnis ini masih akan tetap ada karen memang kita membutuhkan transportasi secara umum. Untuk bidang logistic pun ASSA fokus pada logistic darat.

Management ASSA

Setelah mengetahui bidang usahanya , mari kita tengok siapa saja behind the wheel dari ASSA ini. Berikut adalah profile dari Komisaris ASSA.

Analisa fundamental saham ASSA komisaris
Analisa Fundamental Saham ASSA Komisaris

Sedangkan komisaris independent nya adalah sebagai berikut :

Analisa Saham Assa komisaris
Komisaris Independen Assa

Berawal dari Dosen dan Staff Pengajar Professional sejak tahun 1986 di beberapa universitas di Indonesia. Dan pernah menempati beberapa posisi penting seperti :

  • Anggota Komite Audit PT Federal International Finance (2010-sekarang)
  • Anggota Komite Audit PT Tigaraksa Satria Tbk (2006-sekarang)
  • Anggota Komite Audit PT Surya Artha Nusantara Finance (2011-sekarang)
  • Komite Audit PT Astra Otoparts Tbk (Juni 2011-sekarang)

Dasar hukum penunjukan pertama kali sebagai Komisaris Independen PT Adi Sarana Armada Tbk adalah keputusan RUPSLB tahun 2012 pada tanggal 27 Juli 2012.

Untuk profile lengkap management ASSA anda bisa kunjungi situs ASSA. Bagaimana kinerja dari management ASSA ini , kita akan ulas secara detail di sini.

Laporan Keuangan Saham ASSA

Sebagai seorang investor laporan keuangan menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dipelajari dan dipahami karena dari laporan keuangan ini kita bisa mengetahui bagaimana kinerja dari suatu perusahaan . Mari kita perhatikan laporan keuangan dari PT Adi Sarana Armada ini sebagai berikut

Earning per Share

Kenapa earning per share ? Ingat sebagai seorang investor kita harus selalu berpikir sebagai pemilik perusahaan karena dengan membeli saham suatu perusahaan itu berarti kita juga merupakan pemilik perusahaan secara tidak langsung. Sebagai pemilik bisnis tentunya kita menginginkan perusahaan selalu bertumbuh dan menghasilkan uang buat kita. Secara garis besar Earning per Share dari saham ASSA ini sebagai berikut.

Earning per Share saham ASSA
Earning per Share saham ASSA

Jika kita perhatikan EPS nya sempat naik turun , jika kita ambil rata rata EPS dari tahun 2014 hingga 2019 rata rata pertumbuhan EPS nya sebesar 32.3 % bukan angka yang kecil ya. Memang terjadi penurunan EPS di tahun 2019 ini namun kita harus ingat bahwa EPS 2019 ini adalah EPS yang di setahunkan. Untuk melewati EPS 2018 sepertinya cukup sulit ya jika kita jumlahkan semua EPS tiap quarter di 2019 sudah mencapai angka 28 rupiah , perusahaan harus mencetak earning sebesar minimal 14 rupiah untuk menyamai EPS 2018 , jika kita lihat sejarahnya blom pernah tercapai 14 rupiah di tiap quarter nya but everything is possible .

Dividen

Apakah saham ASSA ini rajin membagikan deviden nya ? Kenapa kita melihat dividen? Sebagai investor tentunya kita menginginkan adanya pembagian profit bukan ? Jadi selain mendapatkan keuntungan dari capital gain kenaikan saham nya kita juga bisa mendapatkan gain dari dividen nya.

Deviden saham ASSA
Dividen Saham ASSA

Jika kita perhatikan saham ASSA ini rajin membagikan dividen pada awalnya ya namun tidak membagikan dividen lagi di tahun 2019 ini. Sebenarnya jika perusahaan tidak membagikan dividen ke pemegang saham nya kita bisa mencari tahu alasan kenapa tidak ada pembagian dividen. Apakah untuk mengembangkan usaha ataukah ada hal yang lain nya. Jika alasan utama tidak ada pembagian dividen adalah karena perusahaan ingin ekspansi lebih jauh lagi untuk mengembangkan bisnis nya hal ini bukan lah hal yang jelek dalam hal ini ASSA menambahkan jumlah armada nya sebanyak 6500 armada hingga akhir tahun nya.

Laporan Keuangan ASSA LKQ3

Mari kita perhatikan secara detail laporan keuangan quarter ketiga dari saham ASSA ini.

Income Statement Saham ASSA
Income Statement Saham ASSA

Secara revenue mengalami kenaikan jika di bandingkan dengan revenue September 2018 , mengalami kenaikan sebesar 23.28 % meskipun beban pokok nya juga mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya , gross profit margin sebesar 32.27 % untuk september 2019 ini atau naik tipis sekali dari tahun lalu 32.14% atau boleh di bilang tidak mengalami kenaikan sama sekali. Kenapa gross profit margin? karena jika kita hanya melihat dari angka saja kita akan terjebak karena angka nya lebih besar kita akan berpikir mengalami kenaikan padahal tidak , kenapa bisa begitu ? karena ada kenaikan biaya beban nya dari tahun sebelum nya. Angka 32.27 % ini bukan lah angka yang jelek karena di sini kita bisa melihat bahwa ASSA ini bukan berada di bawah dari para pesaing nya atau cukup mendominasi pangsa pasar transportasi darat.

Balance Sheet.

Mari kita perhatikan balance sheet dari saham ASSA ini , kita perhatikan aset nya apakah mengalami kenaikan atau tidak.

Asset Saham ASSA
Asset Lancar dan Asset tidak Lancar Saham ASSA.

Total asset mengalami kenaikan tapi ada yang mengganjal di sini yaitu berupa Goodwill sebesar 71.877.090.000 yang kita tahu nilainya adalah nilai perkiraan secara akunting yang di peroleh biasanya karena akuisisi suatu perusahaan.

Bagaimana dengan utang saham ASSA ini ? Mari kita perhatikan tabel di bawah ini.

Utang Jangka Pendek dan Panjang ASSA
Current and non Current Liabilities ASSA

Jika kita perhatikan utang jangka pendek dan jangka panjangnya mengalami kenaikan ya , namun bukan itu yang perlu kita perhatikan . Dengan current asset dan current liabilities seperti di atas perusahaan dengan kode saham ASSA ini mempunyai current ratio di bawah 1 atau sebesar 0.61 saja yang artinya setiap 1 rupiah utang ASSA di jamin 0.61 rupiah asset nya. Maka jangan heran jika perusahaan ini mempunyai rasio DER yang cukup tinggi sebesar 255.68 % .

Secara ekuitas bisa kita perhatikan sebagai berikut.

Equity Saham ASSA
Equity Saham ASSA

Secara ekuitas mengalami kenaikan , jika kita perhatikan di sini kita bisa melihat bahwa book value dari saham ASSA ini adalah 345 rupiah saja. Silahkan bandingkan dengan harga saham ASSA saat ini untuk bisa melihat berapa Price to Book Value Ratio nya atau PBVR nya.

Lalu bagaimana dengan cash flow perusahaan dengan kode saham ASSA ini ?

Cash flow operational ASSA
Cash Flow Operating ASSA

Cash flow nya negative dari aktivitas operasional nya . Seperti kita ketahui bahwa ASSA ini mendapatkan kucuran dana 300 M dari bank BCA yang bisa kita lihat dengan adanya kenaikan pinjaman jangka panjang nya.

Analisa Fundamental Saham ASSA kesimpulan

Secara menyeluruh jika kita perhatikan saham ASSA ini sebagai berikut :

Kesimpulan ASSA
Kesimpulan ASSA

Dengan valuasi seperti di atas saham ASSA ini relative masih over value dan kurang cocok untuk di jadikan kendaraan investasi untuk saat ini. Tetapi bagaimana dengan peluang nya untuk di trading kan ?

Baca juga :

Analisan Teknikal Saham ASSA

Mari kita perhatikan grafik dari saham ASSA ini , kita akan lihat bagaimana trend nya terlebih dahulu .

Analisa Teknikal Trend ASSA
Trend ASSA

Saham ASSA ini boleh di bilang trendless atau masih dalam masa side way dengan range seperti blok ungu di atas. Secara indikator sebenarnya tidak bisa di aplikasikan karena hampir semua teknikal indikator yang ada berdasarkan pada suatu trend baik itu up trend atau down trend. Memang kalau kita memaksakan kalau kita lihat grafik dari awal 2019 memang masih naik ya he he he , tapi bukan itu tujuan kita di sini . Untuk jangka pendek memang masih ada peluang jika kita memang mau memaksakan untuk trading dalam jangka pendek dengan memanfaatkan pergerakan side way nya saat ini saja. Silahkan mempertimbangkan faktor resiko masing masing sebelum mengambil keputusan untuk men tradingkan saham ASSA ini.

Baca juga :

Demikian ulasan analisa fundamental saham ASSA like and share dan jangan lupa follow our instagram @analisafundamental dan jika ada pertanyaan silahkan email ke kami analisafundamentalsaham@gmail.com.

Salam sukses Investasi !

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
Pinterest
Pinterest