Analisa Saham PGAS Buy or Hold or Don’t Know or Don’t Care

Analisa saham PGAS who doesn’t know PGAS ? Siapa sih yang tidak tahu PGAS ? Salah satu saham yang sudah jarang nge Gas ya akhir akhir ini. Kenapa ada embel embel Buy or Hold or Don’t Know or Don’t Care ? Karena ini merupakan perwakilan dari kita pelaku pasar modal di Indonesia. Buy or Hold mewakili trader , Don’t know mewakili trader baru dan investor baru , Don’t care mewakili yang pura pura jadi investor. Kenapa dikatakan pura pura jadi investor ? Karena kerjanya cuma berdoa dan berharap bahwa harga saham nya akan naik. Sinis ya…. ya itulah kenyataan yang ada di pasar modal ini.

Secara fundamental anak dari pertamina ini tentunya sudah tidak perlu di pertanyakan lagi meskipun performa harga saham nya masih boleh di bilang porak poranda tapi ini mengikuti fundamental dari perusahaan itu sendiri. Rajin bagi dividen merupakan salah satu kelebihan dari perusahaan dengan kode saham PGAS.

Analisa Saham PGAS Dividen
Analisa Saham PGAS Dividen

Data keuangannya sebenarnya sudah cukup basi kenapa ? karena datanya baru sampai september 2019 saja sedangkan sekarang sudah januari 2020. Bisa kita analisa kembali saat mereka mengeluarkan laporan tahunan nya. So hanya sebagai gambaran saja ya.

EPS PGAS
EPS PGAS

Kalau kita perhatikan dari EPS nya , harga sahamnya sangat mengikuti naik turun nya EPS saham PGAS ini ya. Jika kita gunakan EPS yang di setahunkan untuk 2019 dan harga saham PGAS hari ini di level 2090 rupiah, dengan kurs USD hari ini maka EPS nya sekitar 97.09 rupiah saja. Kalau kita paksakan Buy dengan harga 2090 rupiah maka investasi kita akan berkembang kurang lebih 4.64 % angka ini di dapat dari membagi EPS dengan harga saham hari ini. Apakah angka 4.64 % ini bagus ? Itu terserah masing masing , silahkan bandingkan dengan suku bunga deposito saat ini.

Analisa Saham PGAS Valuasi
Analisa Saham PGAS Valuasi

Kalau kita perhatikan secara valuasi dari saham PGAS ini PBVR nya berada di angka 1.43 x , apakah musti kita tunggu hingga menyentuh 1 atau di bawah 1 ? Sebagai value investor ada baiknya menunggu hingga menyentuh 1 atau bahkan di bawah 1 . Dengan nilai PER di angka 21.53x tentunya anda mengerti bahwa jika anda membeli saham PGAS ini sekarang , maka investasi anda akan balik modal selama 21.53 tahun dengan asumsi perusahaan ini menghasilkan earning yang sama setiap tahun nya. Dividen yield dari saham PGAS ini berada di angka 2.73 % high or low ? it is your choice .

Jika kita perhatikan GPM nya perusahaan ini cukup mendominasi pasar dengan salah satu produk GAS nya ya meskipun kita tahu pesaing dari PGAS ini juga menempel erat dengan menelorkan produk yang serupa baik dari segi ukuran dan kemasan nya.

Anda bisa membandingkan analisa hari ini dengan analisa saham PGAS di tahun 2017 ya dengan membaca

Analisa Saham PGAS 2017

Kemudian bagaimana saham PGAS ini secara teknikal nya , mari kita perhatikan chart di bawah ini.

Analisa Teknikal Saham PGAS
Analisa Teknikal Saham PGAS

Jika kita perhatikan ada resistance yang cukup kuat di angka 2100 rupiah yang selalu gagal untuk di tembus dan jika kita perhatikan angka 2100 rupiah ini sebelumnya merupakan salah satu support kuat sebelum akhirnya tertembus so wajar saja jika sekarang menjadi resistance kuat untuk saham PGAS ini. Level support terdekat ada di angka 2070 rupiah di ikuti 2030 rupiah sebagai support 2 nya seandainya 2070 tertembus. Dari MACD nya masih berada di bawah nol untuk histogram nya dan masih jauh dari Golden Cross nya ya di konfirmasi juga dengan nilai RSI nya yang enggan naik di atas 50 %.

Indikator parabolic SAR juga belum menunjukan tanda tanda pembalikan arah. Jika anda memaksakan untuk masuk , saran saya masuk dengan lot tidak lebih dari 10 % saja dalam artian jika anda berencana untuk masuk dengan total 1000 lot , maka masuk dengan membeli 100 lot maksimal saja sambil anda nge cek ombak dulu, why ? saham PGAS ini terkenal dengan ayunan sadis nya dan jika anda lucky atau beruntung , anda bisa memanfaatkan ayunan sadis nya sebagai cuan anda.

Salam Sukses Investasi ! Jangan lupa like dan share dan follow our instagram @analisafundamental