Cara Trading Saham #2 Candle Stick Meleset dari Target Tetap Cuan

Cara trading saham #2 kita akan membahas meleset nya candle stick patern yang kita bahas pada postingan 26 Januari 2020 yang lalu. Post nya bisa anda baca di sini : Cara Trading Saham #1 Harian Dengan Pola Candle Stick

Sebenarnya meleset atau tidak selama kita masih cuan tentunya tidak menjadi masalah. Satu hal dalam candle stick patern ini sebenarnya menggambarkan kondisi psychology market atau para trader. Dengan di tutup cantik pada 24 januari 2020 yang lalu ternyata tidak cukup meyakin kan para trader akan kelanjutan trend positif dari saham BBKP ini. Terbukti dengan ditutupnya saham BBKP ini dengan posisi melemah pada menutupan tanggal 27 Januari 2020 dan membentuk level support baru di 228 rupiah setelah sebelumnya 226 rupiah menjadi support kuat nya. Seperti yang sudah di planning atau di rencanakan pada 26 Januari 2020 yang lalu di eksekusi day nya saya sempat mendapat barang di 228 rupiah meskipun dalam jumlah lot yang kecil dan gagal menjual karena antri jual di 236 rupiah karena tertinggi nya waktu itu hanya di level 234 rupiah saja. Sempat kawatir karena terbentuk candle hitam. Pada tanggal 28 Januari 2020 kembali saham ini menguji level support nya , sempat tembus di low 220 rupiah namun market merespon dengan cepat bahwa harga 220 ini terlalu murah dan harga pun kembali terdorong ke atas sempat menyentuh di 230 rupiah dan akhirnya di tutup dengan membentuk candle doji dimana bear dan bull sama kuat nya , sama sama ngotot ya. Sedikit beruntung karena sempat mendapat barang di 222 , 224 dan 226 rupiah.

Cara Trading Saham 2 Saham BBKP
Cara Trading Saham #2 Saham BBKP

Jika kita melihat posisi candle yang membentuk doji dan posisi RSI nya yang nyungsep di bawah 30 % di dukung dengan MACD nya yang makin kedalam di bawah nol secara histogram nya , rasanya trading pada 28 January 2020 terasa sia sia saja , namun jika kita mengingat kembali saham ini secara fundamental nya maybe still ok kalau hold sehari dua hari ya dan mengingat harga yang kita pegang tidak jauh dari level support nya . Berikut adalah rekap trading pada 27 dan 28 January 2020.

Trading Saham BBKP
Trading Saham BBKP

Tidak banyak ya masuknya hanya 606 lot saja dan saham nya kita hold dari 27 januari hingga hari ini 29 Januari 2020. Nah di hari ini opening nya di 230 rupiah , sesuai rencana sebelumnya jika harga lompat atau sama seperti harga closing di hari sebelumnya maka kita nonton saja atau menjual saham nya jika kita sudah mempunyai nya. Nah di sini meleset nya he he he he , kita set jual di harga opening yaitu di 230 rupiah mengingat dari opening hingga satu jam kedepan nya price action nya sepertinya tidak menunjukan tanda tanda kehidupan. Kita jual di 230 rupiah …..dan terjual …saudara saudara…… asuw nya ( maap ) setelah itu harga nya terbang ke 248 rupiah he he he he . Tapi kita ambil positif nya saja ya dengan terjual di level 230 rupiah kita memperoleh 1.73 % cuan setelah di potong fee.

Trading Saham BBKP Jual
Trading Saham BBKP Jual.

Memang terkesan bodo but it’s ok , di sini pentingnya disiplin dalam trading tanpa baper ya . Apapun yang kita peroleh harus disyukuri dan yang terpenting adalah disiplin. Di sini terlihat tidak disiplin ya …. karena plan trading 26 Januari 2020 yang lalu target price nya di level 236-240 rupiah namun pada kenyataan nya di jual cepat di 230 rupiah saja. Ada banyak faktor yang berpengaruh di sini ya , salah satunya adalah faktor gagal jual pada 27 January 2020 yang antri jual di 236 rupiah yang ternyata bisa berpengaruh pada pengambilan keputusan posisi jual pada hari ini 29 jauari 2020 pada sesi pertama bursa saham. Kita akan lihat apakah di sesi kedua nantinya saham BBKP ini akan kembali membentuk candle cantik apa tidak. Tetap semangat dan jangan lupa like dan share yaaaaa and follow our instagram @analisafundamental

Salam Sukses Investasi !