Istilah Saham – 10 Istilah Dalam Saham Untuk Cuan Maksimal

Istilah saham apa saja yang kita harus tahu yang bisa memudahkan kita untuk meraih cuan seperti apa yang kita iginkan. Ada banyak istilah yang sering dipergunakan di dalam dunia saham dan kebanyakan bukan merupakan Bahasa yang formal atau sesuai dengan aturan ejaan Bahasa yang benar atau boleh kita katakana slank word. Istilah istilah ini terlahir dari pengalaman keseharian para pelaku bisnis saham baik trader maupun investor. Nah apa saja kah istilah tersebut ?

  1. Haka atau Hajar Kanan

Istilah Haka ini sangat terkenal dikalangan trader maupun investor Adapun Haka itu sendiri kepanjangan dari Hajar Kanan atau membeli sebuah saham dengan harga offer terdekat. Jika anda trading dengan teman anda atau dalam suatu group , anda melihat ada aba aba Haka dan anda tidak mengerti apa itu Haka tentunya anda bisa ketinggalan sebuah peluang dalam trading harian. Untuk lebih detail mari kita perhatikan order book dari saham ASII

Istilah Saham Haki dan Haka
Istilah Saham Haka dan Haki

Mari kita perhatikan pada kolom offer terlihat harga saham ASII sebesar 5275 rupiah , nah jika and membeli saham ASII di harga offer , ini namnya anda melakukan Haka atau hajar kanan , membeli pada harga offer yang tersedia pada saat tersebut. Anda tidak perlu mengantri untuk mendapatkan saham ASII ini. Jika anda tidak mau membeli dengan harga offer dan rela untuk mengantri maka antrian anda membeli akan di masukan dalam antrian Bid. Tujuan dari Haka ini tentunya untuk mendapatkan saham secepat mungkin tanpa harus mengantri dan ini kita perlukan saat market volatile untuk mendapatkan cuan dengan mengikuti volatilitas market. Saat suatu saham mengalami kenaikan harga dengan cepat maka Haka adalah Teknik tercepat untuk mendapatkan suatu saham , jika kita mengantri tentunya akan tertinggal kereta dan peluang untuk mendapatkan saham nya akan menjadi kecil seandainya harga saham sudah naik dengan cepat.Untuk kondisi normal tentunya kita menginginkan untuk membeli suatu saham dengan harga semurah mungkin , makanya kita sering melakukan antrian untuk membeli suatu saham.

Istilah Haka dan Haki
Istilah Haka dan Haki Dalam Dunia Saham

  • Haki atau Hajar Kiri

Haki atau hajar kiri ini berlawan dengan istilah sebelumnya , disini kita melakukan aksi Haki saat ingin menjual saham kita dengan cepat tanpa harus antri jual. Pada gambar saham ASII di atas jika kita melakukan aksi Haki maka kita menjual saham ASII di harga 5250 rupiah. Apakah langsung terjual ? iya . Aplikasi haki ini saat kita sudah meraih keuntungan yang kita inginkan maka kita melakukan aksi jual cepat dengan Haki ini, apakah hanya saat meraih keuntungan saja ? tidak . Saat anda membeli suatu saham tentunya anda menginginkan agar harga sahamnya naik , tetapi pada kenyataan nya tidak selalu terjadi seperti yang kita inginkan. Nah, saat harga bergerak bertolak belakang dari yang kita inginkan, aksi Haki ini kita perlukan untuk meminimalkan kerugian kita. Saat market bergerak cepat tetunya system antrian menjadi kurang relevant. Jika anda ingin menjual saham anda dengan system antrian maka saham yang anda jual akan masuk dalam antrian offer dan saham akan terbeli saat ada trader atau investor yang melakukan aksi beli di harga offer yang anda inginkan.

  • Cuan

Istilah cuan ini bukan merupakan Bahasa baku Bahasa Indonesia , sering dipergunakan untuk menanyakan berapa keuntungan yang kita peroleh dalam transaksi jual beli saham. Cuan berapa kamu dari saham TLKM ? Misalnya , oh saya cuan 2 % misalnya.

  • Nyangkut

Istilah ini dipergunakan jika kita dalam kondisi membeli saham yang kita prediksi mengalami kenaikan dan ternyata memang naik tetapi kita membeli diharga tertinggi pada saat kenaikan saham terjadi dan setelah kita membeli saham nya ternyata harga saham nya malah turun banyak dan bahkan mungkin kita tidak bisa menjual saham nya di hari yang sama. Maka jangan heran jika kita sering mendengar seorang trader berkata….aduh gw nyangkut nih di saham PGAS …. Misalnya.Artinya dia membeli saham PGAS di harga tinggi dan merasa sayang untuk menjual sahamnya karena tidak mau merealisasikan kerugian yang telah terjadi dengan harapan harga saham akan Kembali at least di harga pembelian nya. Yang lebih drastic lagi adalah saat kita membeli suatu saham di harga tertentu dan ternyata saham nya di bawa ke harga 50 rupiah , nyangkut akut , sudah beli kemahalan ga bisa keluar pula.

Baca Juga : Solusi Saham Nyangkut Akut 3 Cara Menjadikan nya Cuan

  • Saham Gocap

Istilah Saham gocap dipakai untuk menamai suatu saham yang mencapai harga 50 rupiah atau harga terendah yang bisa dicapai suatu saham ( ini berlaku untuk saham saham yang sudah IPO sebelum 2020 ) Saat harga mencapai 50 rupiah , kita tidak akan bisa menjual saham tersebut kecuali kita merelakan untuk menjual saham kita di pasar nego yang tentunya di bawah 50 rupiah untuk perlembar daham nya. Selain istilah saham gocap ini juga sering disebut dengan saham tidur . Hindari membeli saham saham di harga 50 rupiah kecuali jika anda mempunyai inside info yang kuat yang bisa memastikan bahwa harga saham akan naik dalam jangka waktu tertentu. Apakah saham gocap ini sepi peminat ? Apakah membeli saham gocap tidak bisa cuan ? Ada beberapa kasus yang memang menjadikan saham gocap ini tetap aja ada peminatnya dan tetap bisa cuan tapiiii pastikan anda tahu apa yang akan anda beli sebelum ikut ikutan terjun ke sini.

  • Saham ARA

Saham ARA atau saham yang mengalami auto reject atas atau mengalami kenaikan harga hingga mencapai batas maksimum harian yang sudah ditentukan oleh BEI. Saham ini disebut saham ARA.  Saat saham ARA tentunya anda tidak bisa lagi membeli saham nya untuk hari yang sama kecuali harga saham nya turun Kembali di hari yang sama. Apakah bisa cuan maksimal dari saham ini ? Tentunya bisa sekali , apalagi jika anda membelinya di harga sebelum saham mengalami kenaikan hingga ARA.

Istilah Ara Hunter
Istilah ARA Hunter

  • ARA Hunter

Tentunya anda tidak asing atau pernah mendengar istilah ARA hunter ini. ARA hunter sesuai Namanya adalah pemburu saham saham yang di perkirakan akan mengalami ARA pada hari itu. Teknik membeli saham nya adalah dengan menunggu pergerakan suatu harga saham hingga mencapai at least dua tick sebelum ARA, di sana lah dilakukan aksi Haka. Kalau Cuma dua tick cuan dikit dong? Bisa iya bisa tidak why ? Beberapa saham yang mengalami ARA di hari tertentu , next day nya akan mengalami kenaikan lagi , nah disinilah biasanya akan atau bisa dapat at least 5-10 % , namun tidak semua saham yang sudah ARA akan mengalami lanjutan kenaikan di hari berikutnya , alih alih naik malah turun atau worst scenario kena suspensi.

  • Saham ARB

Istilah ini berkebalikan dari saham ARA , di mana saham mengalami penurunan hingga mencapai titik auto reject bawah yang sudah di tentukan oleh BEI. Adanya aturan ARB ini sangat bagus untuk melindungi para pelaku pasar modal dari kerugian yang berkelanjutan. Apakah bisa cuan dari saham yang mengalami ARB?  Memburu saham yang mengalami ARB merupakan aksi yang boleh di bilang gambling atau berjudi kecuali anda memiliki atau mengetahui inside information bahwa saham ARB itu akan di angkat hingga mencapai ARA misalnya. Jika iya maka cuan nya akan sangat besar tentunya, dari posisi ARB naik hingga ARA.

  • Saham Blue chip

Istilah ini sering kita dengar terutama saat kita ingin memulai terjun kedalam dunia saham, “ Beli saja saham saham blue chip , jangan yang lain nya “ Saham saham blue chip ini adalah saham saham yang memiliki market cap yang besar dan cenderung bisa menggerakan harga IHSG baik naik maupun turun. Alasan banyak yang menyarankan hal tersebut untuk para pemula adalah factor keamanan dan ketenangan meskipun kita tentunya tahu bahwa di dalam dunia saham tidak mengenal kata kata 100 % aman , apa saja bisa terjadi namuuuun dalam skala yang lebih kecil jika di bandingkan dengan saham saham kecil yang beredar di bursa saham.

  • Saham Gorengan

Satu istilah yang sangat popular di dunia saham , saham gorengan ini bak pedang bermata dua . Istilah gorengan tersendiri identic dengan instan atau cepat seperti halnya kalua kita menggoreng tahu atau tempe , panasi minyak secukupnya , masukan tahu atau tempe , mateng lalu angkat. Seperti halnya dengan pergerakan saham yang di kategorikan gorengan ini, kalua telat keluar ya jadi gosong . Untuk detail bagaimana menyikapi saham yang satu ini silahkan baca di sini.

Baca Juga: Saham Gorengan , Cara Mendeteksi dan Strategy Cuan nya

Itulah kesepuluh istilah istilah dalam dunia saham yang popular dan anda perlu tahu jika memang ingin terjun kedalam dunia saham. “ Stay foolish Stay hunger “  Jangan lupa untuk share dan follow our Instagram @analisafundamental

Salam Sukses Investasi

Ayo Share follow dan like kita ya: