Lo Kheng Hong Kisah Sukses Value Investor Indonesia

Lo Kheng Hong terkenal dengan sebutan Warren Buffett Indonesia , value investor Indonesia. Berikut adalah kisah dari Lo Kheng Hong .

Saya ( Lo Kheng Hong ) dilahirkan di Jakarta sudah tinggal di Jakarta 61 tahun. Seperti Bapak Ibu sekalian sudah biasa dengan macet ya, banjir di Jakarta mungkin di Surabaya nggak ngalamin banjir ya.  Eh tapi panas banyak nyamuk lagi ya jadi istri saya Anak saya suka ngeluh banyak nyamuk tapi sudah 61 tahun sudah terbiasa ya disyukuri saja orang tua saya dilahirkan di dibesarkan di Kalimantan Barat kira-kira 30 km dari kota Pontianak.

Pekerjaan orang tua saya sehari-hari adalah memecahkan buah kelapa buah kelapa dipecahkan dari pagi sampai sore, lama-lama dia bosan ada tepatnya ajak dia merantau ke Jakarta dia pergi ke Jakarta tanpa pendidikan tanpa uang dia pergi modal nekat aja, orang tua saya bekerja di satu toko yang kecil tentu saja hidupnya pas-pasan rumah saya ukurannya empat kali 10 m 4 kali 10 m dindingnya bukan dari tembok tapi dari papan atapnya tidak ada plafon langsung genteng gitu ya kondisinya sangat jelek sekali tapi di rumahnya lebih bagus dari Pak Hermanto tanoko katanya lahirnya di kandang ayam katanya. Jadi rumah saya lebih bagus saya satu hari ada temen adik saya ingin main ke rumah tapi kondisi rumahnya sangat jelek sekali sehingga adik saya malu kalau temannya tahu rumahnya jelek .Jadi dia muter-muter sampai temannya tersesat dia baru pulang.

Lo Kheng Hong History
Lo Kheng Hong Story

Ketika saya SMA ada studytour terakhir jalan-jalan ke Borobudur bayar Rp50.000. Saya nggak punya uang jadi ada satu Murid SMA yang tidak ikut yaitu saya karena saya nggak punya uang untuk study tour terakhir Rp50.000 setelah tamat SMA tentu saja saya tidak bisa kuliah lagi, jadi saya bekerja sebagai pegawai tata usaha di bank . Setiap hari pekerjaan saya sebagai tamatan SMA nggak bisa apa-apa disuruh-suruh ” nih fotokopi ijazah fotokopi Ya ,sebentar saya fotokopi ,saya baca ini faktur ya ini BPKB ,ini sertifikat ini akte jual-beli” Jadi sekarang kalau saya beli mobil beli rumah saya Kapan katanya Orang saya udah hafal surat dari lu Tiap hari saya fotokopi kemudian saya punya uang saya kuliah lagi karena habis kerja pulang dulu di masa kerja security lagi kuliah malam uang pangkal Rp50.000 uang kuliah sebulan 10.000 itu 41 tahun yang lalu saya kuliah di kampus e di universitas swasta yang tidak punya kampus ada gedung di seberang RSCM itu PSKD siang untuk SMA malam kosong dikontrak oleh Universitas .

Saya kuliah di sana ya setelah setamat kuliah saya bekerja di bank 11 tahun nggak naik pangkat ya , Kasihan ya 11 tahun kerja boro-boro jadi direktur jadi kepala cabang aja nggak , Manager juga enggak asisten manajer juga enggak ,kepala bagian juga enggak jadi pegawai tatausaha terus , karena pegawai tatausaha terus jadi gaji kecil terus. Satu hari ada orang Surabaya nasabah saya buka bank jadi ajak waktu itu gaji saya mulai kerja 11 tahun. Saya bekerja gaji baru 350.000 kemudian orang Surabaya ini yang buka Bank saya minta satu juta dikasih, tambah uang kesehatan 50.000 jadi 1050000 Wah saya senang banget gaji saya tiba-tiba naik 200% saya kerja habis-habisan deh nasabah saya yang banyak duit saya teleponin kalau dulu bunga tinggi 10% saya kasih 12 persen dia pindah semuanya 21 tahun kemudian pangkatnya naik lagi jadi kepala cabang tentu saja gajinya disesuaikan jadi gaji kepala cabang . Gajinya besar tapi uangnya tidak saya belanjakan tidak saya simpan di bank uangnya selalu saya belikan saham. Lama-lama ada 30 tahun kemudian uang itu jadi besar jadi besar tahun 96 Saya menulis surat saya mengundurkan diri saya mau fokus jadi seorang investor saham , jadi saya sudah 20 tahun tidak bekerja tiap hari di rumah enggak hari di rumah juga nggak bisa online seumur hidup mengetik di komputer juga nggak bisa betul-betul beda dengan apa yang diajarkan dia milenial jago-jago semuanya teknologi informasi , saya betul-betul orang jadul ya bisa tanpa inovasi tetap memakai metode yang lama.

I have metode lama yang tidak pernah usang dari hari ke hari . Ada Universitas Harvard ya katanya hanya satu persen dari alumni Harvard yang punya uang 30 juta dollar 30 juta dollar itu kira-kira kalau 14.000 itu 420 miliar ,alumni Harvard itu ada 300.000 sekian orang lulusan hanya satu persen yang punya uang 30 juta dollar kira-kira 3130 yang namanya ultra-high Network Individual , ini foto saya tahun 2005 2004 16 tahun yang lalu foto dengan patung John Harvard di Harvard di Boston Saya kuliah di Universitas Jakarta yang tidak punya kampus setiap malam saya kuliah di gedung SMA PSKD di seberang RSCM yang disewa oleh Universitas tetapi sekarang saya lebih kaya dari 99 lulusan Universitas Harvard berkat Tuhan itu begitu besar dalam hidup saya ya Berkat Tuhan itu begitu ajaib dalam hidup saya. Masa orang yang jadi pegawai tatausaha 11 tahun bekerja bisa seperti ini banyak orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya ke Amerika kalau dia punya duit ya nggak papa yang pas-pasan juga mau, ada seorang bapak cerita kepada saya pasal tamat kuliah uang sehabis dengan wudhu Hebat ya Bapak ini pas untungnya keburu tamat kalau nggak duitnya udah keburu habis. Ada seorang orang tua yang menjaminkan rumahnya di bank bukan untuk modal kerja tapi untuk kuliah anaknya di Amerika untuk modal kerja aja bisa macet apalagi untuk kulia anak di Amerika pasti rumahnya dijual untuk melunasi utangnya, ada seorang bapak telepon saya teman saya Om pinjem duit dong 50juta buat apa Buat ongkos anak saya diwisuda di Amerika pabriknya sudah dijual sekarang ongkos aja nggak ada ya.

Lo Kheng Hong
Lo Kheng Hong

Kalau Tuhan berkati hidup kita ya , Ayo kita kuliah di Indonesia pun kita bisa jadi orang yang berhasil ya. Orang tua sekarang berpikir kalau anaknya nggak kuliah di Amerika enggak bisa nggak ada masa depan dan gak bisa menjadi orang yang berhasil seperti itu Mengapa saya memilih menjadi seorang investor saham karena di pasar modal itu ada uang yang sangat besar ini di dalam masyarakat yang di perbankan kita ada sampai akhir 2019 itu ada 6077 triliun.Saya bekerja di bank 17 tahun saya pikir dana masyarakat di bank itu uang paling banyak adanya dibangun. Ternyata saya keliru sejak awal ternyata Bursa Efek Indonesia lebih besar dari dana masyarakat yang ada di perbankan kita ada 6518 lebih besar 6018 6518 .Sebelum turun BCA paling mahal ya 775 triliun ada BRI nilainya 516 triliun ada Telkom 314 345 triliun ada Bank Mandiri 339, Unilever 260 triliun dan seterusnya. Ini ada perusahaan di Amerika kalau Saudi aramco gak usah dihitung itu perusahaan negara yang swasta aja ada Apple nilainya 1,3 trilliun dollar kalau dikalikan 14.000 berapa tuh , gak bisa hitung banyak banget ya ,dana masyarakat cuma 6000 triliun bekas seluruh uang dana masyarakat korporasi dikumpulin jadi satu beli saham Apple itu mah cukup loh setengah jangan cukup jadi ada uang yang sangat besar itu di pasar modal , ada orang yang sangat tidak menghargai saham perusahaan yang hebat orang ini orang yang tidak menghargai saham orang yang hebat ini , kalau nggak di jadi orang paling kaya di dunia dia punya saham di Apple 10% kalau tadi 1,3 trilliun punya 10% kekayaannya ada 130 Milyar Dollar tapi ton 76 saham yang sepuluh persen di Excel itu dijual nilai-nilainya Delapan ratus juta 800 dollar bukan ratus juta lu 800 dollar dia jual saham everytown 76 kalau dia nggak jual saham itu bernilai 130 Milyar Dollar . Harta karun kekayaan terbesar yang ada di dunia adanya di pasar modal bukan di bawah laut nilainya nyata dan transparan Sangat disayangkan bila ada orang yang tidak mengenal pasar modal ada uang yang begitu banyak di pasar modal Kalau saudara tidak tahu tentang pasar modal Sangat disayangkan lo kalau bapak ingin menjadi orang yang kaya pasar modal tempatnya pasar modal tempatnya .

Lo Kheng Hong Pelajaran Kaya
Lo Kheng Hong Pelajaran Sekolah

Judul tema hari ini adalah menjadi kaya di Bursa ah this pasar modal itu pelajaran yang sangat penting lo menjadi kaya cara menjadi kaya itu adalah idaman hampir semua orang tapi sayang pelajaran menjadi kaya itu tidak diajarkan di sekolah lo dari kita SD kelas 1 sampai tamat perguruan tinggi enggak ada mata pelajaran menjadi kaya enggak ada yang idaman kita justru enggak diajarkan di subdit sekolah kita belajar integral diferensial sinus cosinus tangen cotangen second kos second setelah setamat SMA enggak pernah saya pakai satu kalipun.

Perusahaan publik menghasilkan produk dan jasa bagi hidup kita ini pembungkus Indomie ada huruf Arab ketika saya berjalan-jalan ke abudabi ke Hypermarket Celia Eh ada pembungkus Indomie jadi saya foto aja pagi waktu kita bangun tidur biasanya kita ke toilet Oh begitu kita lihat mereknya Toto Oh itu produk dari perusahaan publik habis kita eh Hai dari toilet kita minum kita minum apa minum Cleo nya Hai kalau kita nggak minum kalau kita nggak minum nanti dehidrasi minum Cleo juga perusahaan publik hai habis kita minum Hai Biasanya kita ambil Smartphone kita mungkin kita pakai Indosat Telkomsel XL itu juga perusahaan publik habis kita lihat Smartphone kita mungkin kita mandi kita mandi pakai sabun Lux sabun nya para artis ya kita sikat gigi dengan Pepsodent kita cuci baju dengan Rinso itu produk dari Unilever hampir semua keluarga di Indonesia pernah pakai produk itu habis kita mandi kita sarapan dengan mie yang enak dan murah ini hanya sebungkus 2000 telur satu kita sarapan ya Ayo kita siap-siap sementara kita sarapan kita nonton TV mungkin kita nonton RCTI Indosiar SCTV ANTV TV One itu semua perusahaan publik.

Kita melihat suatu kejadian nggak usah ke lokasi cukup dari rumah saja selesai sarapan kita ke kantor kita naik Avanza mobil sejuta umat yang kita beli di Astra Internasional itu juga perusahaan publik kacanya ,Siapa yang buat asahimas itu juga perusahaan publik bahannya Siapa yang buat bannya mungkin nggak jatuh enggak goodyear Indonesia Tbk. Ayo kita naik mobil kita jalan tol masuk Hai mungkin kita lewatin jalan tol ada jasamarga Waskita adikarya itu semua perusahaan publik membuat jalan tol itu butuh semen yang banyak semuanya dari mana Dari Semen Indonesia die neue Indocement pajaknya dari Krakatau Steel ya kita jalan-jalan ke mall ke Tunjungan Plaza Mall nya terkenal besar siapa punya Pakuwon punya Oh itu juga perusahaan publik di mal banyak banget ada BCA bank Mandiri BRI Panin Bank CIMB Bank Danamon semua perusahaan publik sampai malam kita tidur tinggal dimana di Citraland Oh itu juga perusahaan publik di mana Di Pakuwon juga perusahaan publik ya dari pagi hingga malam kita pakai produk dan jasa dari perusahaan publik nah ini tahun lalu saya ke Yokohama ternyata saya tahu penciptaan B instan ini namanya momofuku Ando ide hidup meninggal usia 97 tahun jadi kalau saudara makan Indomie jangan takut ya iya penciptanya aj 97 jangan-jangan Kalau saudara makan Indomie juga bisa panjang umur ke penciptanya 97 ya , bukan promosi saya enggak punya saham Indofood cuman buat bercanda aja.

Perusahaan publik menciptakan banyak lapangan pekerjaan kata Lo Kheng Hong ada Astra punya karyawan 214000 makin banyak lapangan pekerjaan tercipta makin sejahtera bangsa dan negara kita , ada satu lapangan pekerjaan tercipta kemungkinan ada satu preman berkurang di tengah jalan. Astra ini belum dia punya dealer dia punya sebelah Ir banyak sekali yang saya tanya Pak Hermanto Mbah karyawan Bapak berapa ada 20.000 orang yang mendapatkan kesejahteraan dari perusahaan Pak Hermanto kalau dulu yang kita sebut pahlawan adalah orang yang berani melawan penjajah Belanda sekarang kita sudah merdeka , Belanda tidak ada siapa yang disebut pahlawan menurut saya yang disebut pahlawan adalah orang yang bisa memberikan kesejahteraan pada banyak orang pemilik perusahaan publik pemegang saham para eksekutif mereka adalah pahlawan-pahlawan masa kini. Makin besar Bursa Efek Indonesia makin Sejahtera bangsa dan negara kita Pernah suatu hari saya bertemu dengan corporate communication gojek dia punya driver ada 1,7 juta orang Hai nah ini perusahaan publik ya yang dapat pemilik perusahaan publik yang dapat penghargaan dari Presiden satu hari mungkin Pak Hermanto tanoko juga dapat bintang jasa juga Hehehe perusahaan publik adalah pembayar pajak yang besar kita lihat Astra ya tahun 2018 dia bayar pajak Oh ya Sorry BCA BCA membayar pajak tahun 2018 6,8 triliun 2019 membayar pajak 7,7 triliun Jadi totalnya 14 setengah triliun ya pajak dipakai untuk pembangunan untuk membantu rakyat miskin perusahaan publik adalah pembayar pajak yang besar yang berbeda dengan yang ini Ini adalah orang-orang yang mendapat pengampunan teks amnesti ada 4000 triliun lebih sebelum diampuni di adalah pengemplang pajak kata Lo Kheng Hong hartanya bisa-bisa umpetin tidak terdeteksi sama Dirjen pajak begitu ada pengampunan keluar semua berbeda dengan perusahaan publik di adalah pembayar pajak yang besar ya bayar pajak adalah bukti cinta kita kepada Negeri Tercinta .Ayo kita dulu ingin membuktikan cinta kita kepada Negeri Tercinta ini kita bisa sampai mengorbankan nyawa kita lu melawan penjajah Belanda sekarang kita sudah merdeka tidak ada lagi Belanda ” cukup bayar pajak yang benar itu sudah bukti cinta kita kepada Negeri Tercinta ” ( Kata Lho Keng Hong ) bangga bayar pajak yang ada seorang investor saham mendapat penghargaan dari pemerintah Amerika dari Obama kita mungkin bermasyarakat masih berpikir bahwa seorang investor saham itu adalah penjudi tapi ndak pernah terpikir oleh kita bahwa seorang investor saham juga bisa menjadi dapat penghargaan dari pemerintah Prancis Idx menawarkan imbal hasil tertinggi diantara bursa utama dunia bagi investor jangka panjang Bursa Efek Indonesia sudah terbukti memberikan imbal hasil terbesar di dunia saya bersyukur saya ada didalamnya ujar Lho Keng Hong , lihat loh Indonesia nomor satu paling atas ya. Saya pernah bekerja di bank 17 tahun tapi saya tidak taruh uang dibangun cuman sekedar buat kebutuhan sehari-hari saja karena bunga kecil barang-barang naik banyak.

Jadi kalau ada orang yang menyimpan uang di bank nilainya semakin hari semakin turun Jadi kalau dia menyimpan uang di bank berarti dia membuat dirinya miskin secara pelan-pelan Ya saya juga tidak membeli obligasi karena retensi Bahasanya juga tidak besar dan uang kita dilock lama sekali 3 tahun lima tahun Saya juga tidak membeli emas ya biasanya emas adalah investasi dari ibu-ibu di desa ya hai hai Hai ini Warren Buffett bilang with Duck over box share it was selling at fifteen easier and goal was selling at-20 jadi emas lebih mahal dari saham boxian Gold is now 1600 wantosen six in Epic Series one hundred twenty thousand Hai 2019 Gold is Anggaplah Sekarang aja 1600 gitu ya nbcr 300.000 ya lebih menguntungkan membeli saham daripada membeli emas Ya saya juga tidak punya dollar meskipun rupiah Kita terdepresiasi sejak zaman kemerdekaan tapi saya tidak berani beli dollar Kenapa karena orang yang menyimpan dollar cenderung mengharapkan yang buruk yang terjadi Hai kalau bisa rusuh nih kalau rusuh rupiah melemah dolar menguat Ya untung kalau bisa dekat dengan turunnya suku bunga dong naikin supaya krisis lagi kalau krisis lagi rupiah melemah dollar menguat ia untung orang yang pegang dollar cenderung mengharapkan yang buruk yang terjadi beda dengan orang yang pegang saham kalau rusuh sahamnya hancur krisis ancur jangankan krisis jangankan rusuh kena virus aja cablak hancur juga enggak pernah ada teori dimanapun enggak ada teorinya saham seluruh dunia bisa jatuh karena virus ,orang yang pegang saham cenderung mengharapkan selalu mengharapkan yang baik Indonesia aman stabil ekonomi menguatnya daya beli meningkat baru harga sahamnya bisa naik .

Lo Kheng Hong Kurang dari satu persen
Lo Kheng Hong Kurang Dari Satu Persen Percaya

Siapa yang mau jadi investor yang tertawa bukan yang strip yang kalau bukan saham memberikan pertumbuhan terbesar. Mari kita lihat data di pasar modal Amerika Serikat selama tahun 1926 hingga 2006 akan menjadi berapa uang $1, 80 tahun kemudian kalau kita taruh di celengan ayam Tetap Satu dollar menjadi $20 jika diinvestasikan pada obligasi jangka pendek pemerintah menjadi 70 dollar jika ditanamkan di obligasi jangka panjang pemerintah menjadi tiga ribu dollar bila dibelikan saham perusahaan besar menjadi 16.000 dollar jika diinvestasikan pada saat perusahaan kecil berinvestasi di perusahaan kecil lebih beresiko sehingga imbal hasilnya lebih besar ,sekarang kita sudah tahu rahasianya untuk memaksimalkan keuntungan investasi saham is the best choice saham is the best choice ya tapi hanya satu persen mungkin kurang dari satu persen orang yang percaya kalimat ini saham is the best choice ,kurang dari satu persen orang yang percaya mengenai hal ini kalau Bapak Ibu sekalian habis saya presentasi saham is not the best choice masih tetap bukan yang terbaik maka kedatangan saya jauh-jauh ke Surabaya Hai nah ini orang hebat nih komisaris independen mantan dia bilang dia pilih investasi apartemen beli saham enggak mau takut Hai dengan jujur ya mengatakan dia enggak mau beli saham dia pilih apartemen beli properti karena the best investment on Ads that he hehe Jangan mau dia nggak mau beli saham ah ah ini juga ini direktur investasi dia tulis di koran ya dia bilang dia jujur bilang More Than Me and My port folio investasinya 70% di properti 15% di deposito sahamnya mana ada hai terang dia percaya the best investment on earth .

” The Goal is to be rich not to look rich ” ( Lo Kheng Hong )

Lihat 70% lebih uang orang taruh di dia dibeliin saham duit ya sendiri enggak mau dibelikan saham ,saham yang diperjual belikan di Bursa membuka kesempatan bagi para investor bermodal kecil untuk bisa memiliki perusahaan besar Mengapa karena dengan memiliki saham berarti ikut memiliki perusahaan tersebut ya kita orang yang uangnya terbatas kemampuan terbatas suruh bangun perusahaan sebesar Cleo hampir tidak mungkin ya tapi adanya Bursa Efek Indonesia memungkinkan kita orang yang kemampuannya terbatas uangnya terbatas bisa memiliki perusahaan yang hebat bukan membeli salak membeli saham itu halal lo Ada fatwa dari MUI jadi jangan ragu-ragu saat ini ada dua orang kaya nih yang jadi hilang Oh no Rolex watch juga tidak pakai berlian dia dia bilang the goal is to be rich not to look right karena tujuannya adalah menjadi kaya bukan kelihatan kaya enggak pakai jam tangan Rolex enggak pakai berlian ya kalau sodara ingin jadi orang yang kayak kelihatan kaya jangan pakai 0.09 enggak pakai jam tangan Rolex yang dipakai Casio Hai Jadi kalau saudara ingin jadi show off kliatan kaya pakai Casio ya ikutin Bill Gates ikutin milik asing jangan pakai jam tangan Rolex karena Emang tujuannya adalah menjadi kaya bukan keliatan kaya Hai tapi masyarakat lebih suka kelihatan kaya daripada menjadi kaya karena ingin kelihatan kayak menghabiskan uang banyak sehingga enggak bisa kaya kaya.

Lihat kedua orang ini hidupnya sederhana orang yang sederhana itu adalah orang yang bijak ada Mike Tyson ini siklus hidup dari gembel kembali ke gembel dia waktu jadi juara tinju dunia penghasilannya 400 juta dollar kalau dikali 14.000 itu 5,6 triliun karena konsumtif boros habis lu uangnya ya Jadi kalau Bapak Ibu sekalian punya uang banyak coba-coba boros akan terulang hidup saudara jadi my Tyson ini lebih gembel balik jadi Gembel lagi Hai ini adaband ahmedov fund Manager yang musim dingin tahun 2008 Bernard madoff terbongkar telah melakukan penipuan keuangan menggunakan arisan berantai alias skema ponzi sebesar 65 Milyar Dollar korban Denok amat beragam mulai dari bank perusahaan investasi pengacara keluarga milioner hingga produser film ternama Steven spielberg ternyata benat medogh memberikan inspirasi bagi fund Manager di Indonesia , 11 tahun kemudian investasi anda di fund Manager itu habis loh rupanya ada rampok berjubah fund Manager karena terinspirasi dari Bena medov ini terinspirasi dari Kanjeng Dimas yang bisa menggandakan uang orang yang tidak dapat menggandakan uang mencari pengikut sebanyak-banyaknya untuk dimanfaatkan agar ia menjadi kaya bukan pengikutnya yang kaya tetapi orang yang dapat menggandakan uang tidak mau pengikut seorangpun. Saya tidak mempunyai pengikut seorangpun saya ada punya follower satupun dan nggak mau punya follower satupun tapi ketika kita membeli saham kita harus kenali apa yang akan dibeli dan beli apa yang kita kenali kita harus tahu apa yang kita beli ya Jangan pernah beli kucing dalam karung.

Tuhan itu Maha pengampun tapi bursa saham tidak kenal belas kasihan e-bursa tidak pernah memberi ampun kepada orang yang tidak tahu apa yang dia beli apa yang harus kita lihat pertama manajemen apakah perusahaan itu dikelola orang yang jujur profesional dan berintegritas atau perusahaan ini dikelola orang yang tidak jujur tidak profesional dan tidak berintegritas yang suka mengambil uang perusahaan untuk memperkaya dirinya.

Jangan pernah beli perusahaan yang punya tata kelola yang buruk kalau mau miskin beli perusahaan yang dikelola oleh Itu jujur kalau mau kaya Jangan pernah sentuh, emiten yang bergizi untungkan investor belilah perusahaan-perusahaan yang untung bidang usahanya bagus ini contoh bidang usaha yang tidak bagus ya, tiketnya paling mahal lo penumpangnya banyak Saya kemari Oh kirain ada korona sepi atau pesawat mungkin 90% penuh lebih dari 90 Ada bangku yang kosong ya semuanya bagus lihat dari luarnya tapi jangan lihat dari luar Lihat isi kantongnya tandur Ibu 14j rugi 368 juta dollar lo semuanya bagus 368 juta dollar tahun 2015 untung tahun 2016 untung 9juta untungnya sedikit 2017 rugi lagi 213 juta dollar padahal jual tiket udah mahal .

Satu hari saya diundang di Universitas Syiah Kuala di Aceh kelas ekonomi pulang-pergi lebih low season 6 juta Oh padahal kalau naik pesawat lain bisa sampai ke HO ke itu loh ke Tokyo enam juta tapi heran masih rugi terus di tahun 2018 dicacat untung lima juta dikomplain dikoreksi hai eh jadi rugi 175 juta dollar hai hai saat ini perusahaan yang super company ya hampir semua keluarga di Indonesia pakai ini belilah perusahaan-perusahaan yang labanya besar ,ekuitasnya tujuh setengah triliun modalnya tujuh setengah triliun labanya 9,1 triliun Hebat ya return on equity nya 120% siap 120% RW nya di dalam kurun waktu 35 tahun kinerja saham Unilever Indonesia terus melesat Jika seorang investor membeli 1000 lembar saham pada saat Ipo seharga 3175 perlembar saat ini nilai investasinya bernilai hampir 5 miliar kalau beli 1000 lembar kali 3175 itu 3117101 tidur 35 tahun Hai bangun-bangun uangnya jadi lima miliar lo itu Kalau belinya 3juta Kalau belinya 300juta jadi berapa tambahin aja nongolnya kita beli 300 300i 300juta Oh begitu kita tidur 35 tahun bangun-bangun uang kita jadi 500 miliar lo Bukan khayalan bukan imajinasi tapi ini adalah kisah nyata ini di Bursa Efek Indonesia enak ya tidur aja jadi kayak lu kalau orang memiliki perusahaan yang untung besar kita seperti memiliki mesin pencetak uang kita cetak uang ditangkap tapi kalau kita memiliki perusahaan yang untung besar sama aja kita milih mesin memiliki mesin pencetak uang belilah perusahaan-perusahaan yang bertumbuh artinya untungnya besar tiap tahun tambah-tambah besar contohnya Ini BRI labanya dari 11 triliun meningkat jadi 15 triliun jadi 1821 2425 jadi tahun 2019 34 triliun belilah perusahaan-perusahaan yang valuasinya murah contohnya Ini ya Ada Panin financial labanya sembilan bulan 43 sekian kita setahun kan 60060 rupiah kalau harga sahamnya 200 sekian ya PPnya mungkin 3,7 * present ingresso 3,7 kali ini ada perusahaan namanya pollux labanya hanya empat rupiah per saham empat rupiah harga sahamnya berapa Yo 9000 lebih ya kalau disetahunkan jadi enam rupiah enam rupiah harga sahamnya 9000 lebih ,1600 kali itu kalau labanya tetap 1600 tahun baru break-even lu di luar biasa tv-nya 1600 kali temen saya telepon saya eh hebat ya anak muda ini bisa jadi orang paling kaya di Indonesia umur 30 lihat-lihat dulu perusahaannya labanya cuman 30000000000 lebih kok 37 milihat masa jadi orang paling kaya, belilah perusahaan yang valuasinya mura bukan yang PER 1600 kali bukan,ini cek besoes orang terkaya di dunia nomor satu bilang asworo unpaved Joe Invasion Joe Invasion PC Is So simple you are the second richaeu the world and it’s so simple white dasar everyone just copy you Warren Buffett menjawab because nobody wants to get rich slow jek besok dua kali bilang begini Lho yo investment thesis Is So simple 2 kali kamu punya strategi investasi tuh begitu simpel begitu sederhana tinggal copy aja bisa jadi orang terkaya nomor tiga di dunia numpang strategi investasi online banget Susah nggak gampang sekali sampai di ulangin sama besok dua kali So simple .

Lo Kheng Hong Advice
Lo Kheng Hong Invest in Bad Time Sell in Good Time

Saya pernah mengunjungi tambang batubara terbesar nomor tiga di Indonesia jumlah sahamnya ada lima miliar 210000000 lembar kalau kali 100 itu awal tahun 2009. 2016 ketika harga batubara limapuluh dollar rusanya rugi itu nilainya 520 kapitalisasi pasarnya nilai harga pasar dari perusahaan ini tapi perusahaan ini masih punya ekuitas 667 juta dollar harga pasar dari perusahaan ini hanya 521 milyar rupiah dia masih punya modal 667 juta dollar kurang lebih di dunia nyata saudara nggak bakalan ketemu ada orang yang mau jual Mercy nya di harga sepeda motor adanya hanya di Bursa Efek Indonesia ini tentu saja saya melakukan pembelian saya order ke pialang saya MB a lulusan Amerika. Dia memberikan rekomendasi saya begini Pak jangan beli Pak batubara Masa Depan Suram Pak tenang apa-apa beli aja deh beli saya beli mencicil pelan-pelan saya beli Terus saya beli sampai jadi pemegang saham terbesar nomor 4 di intinya NLC kemudian harga batubara naik dari 50 dollar jadi 100 dollar tentu saja perusahaan batubara tambang batubara Tuhan zien pembesar susu kalau jualnya Sisi harga sahamnya juga mengikuti naek dari 100 naik 4500e jual .Wah dapat uang banyak saya dapat uang banyak sekarang harga batu bara turun lagi harga sahamnya juga turun lagi , invest in bad time and Sell in Good Time And you will get rich selalu ini investment wisdom selalu invest di bad time waktu bad time semua orang gak mau murah semua murah beli habis beli simpen tunggu sampai Good Time baru jual harganya mahal saudara bisa untuk di awal 2017 saya membeli saham indakiat di harga seribu sekarang naik ke Rp20.000 mindak ia telah memperkaya saya teman-teman saya yang mengikuti saya dan investor investor saham yang memilikinya ya ini perusahaan valven pepper harga partnair didunia harga sahamnya juga naik ya sekarang harga pak turun harga sahamnya juga ikut turun lagi .

Satu hari ada temen saya dari SD udah cuci darah 12 tahun ada diabet kakinya sudah di puntung satu lagi Kakinya busuk bisa telepon saya lho om saya punya uang 500 jutaan dia beli waktu 20.000 saya tannya eh uang kamu jadi berapa jadi 7000000000 Pak Puji Syukur orang yang sudah seperti itu masih berinvestasi .Saudara Jangan tunggu cuci darah dulu 12 tahun ya baru bisa beli saham , jangan tunggu kaki jadi amputasi dulu baru bisa jangan .Satu malam ada seorang pendeta datang ke rumah saya Saya nggak kenal teman saya yang bawah Dia bilang Waduh Pak uang pensiun saya dikelola oleh Yayasan dana pensiun kok nggak bertumbuh ya stagnasi apa saya tarik aja saya punya silahkan terserah aja uang Bapak waktu Bapak tarik berapa dari 130 tahu apa berapa ada satu miliar oposisi pun pilihan tapi ketika dia punya 1 miliar dia tulis surat ke gereja dia mengundurkan diri kenapa Bapak mau berdiri Iya Pak saya mau melanjutkan sekolah S3 di Los Angeles Wow keren ya Pak Pendeta kenapa nggak minta beasiswa dari gereja ? Nggak mungkin dikasih Pak , ada seorang koruptor ini dia bilang uang korupsi gua Kalah Banyak nih koruptor bilang ke saya uang hasil korupsi gua kalah banyak pasti mana bisa seorang koruptor menandingi seorang investor saham pasti nggak bisa seorang koruptor sekarang dapatnya kecil-kecil ketangkap tangan kecil-kecilan dapetnya uang kecil .Kalo ketangkep lagi ya masuk TV masuk koran jadi satu aib ya jangan pernah mau jadi koruptor lebih bagus jadi investor .Kalau masih di kepalanya ingin jadi koruptor hapus dari kotaknya jangan mau jangan mau jadi koruptor lebih baik jadi investor dapat uang besar loh .Betapa mudahnya mendapatkan uang di sini Jika gampang dapat uang disini saya enggak punya bisnis lain .Hanya Jadi investor saham ada siapapun yang ajak saya kongsi pasti saya nggak mau semua usaha yang lain bidang usaha yang lain itu saya anggap sampah semua sampah nggak mau gak mau karena dapat uang di Bursa itu gampang ga usah kerja keras ya bobok aja bangun-bangun jadi kaya.

Usaha di sektor riil tuh susah tanda-tanda orang yang hebat dalam berinvestasi saham satu tidak mencari uang dari member premium berbayar tidak punya follower tadi tidak cari uang dari seminar saham tidak mau mengelola uang orang lain membeli saham berdasarkan fundamental dan kinerja perusahaan bukan berdasarkan saat grafik dan isu-isu yang keenam menempatkan lebih dari 90% hartanya di saham bukan di properti atau yang lainnya.

Winkle Story
Winkle

Masa Dia jago saham asal beli-beli yang lain kan nggak mungkin satu hari Saya pernah berkunjung ke tambang batubara terbesar di Indonesia. Ada 1001 strategi ada 1001 inovasi tapi yang terbaik cuma satu ini love you boleh punya 1001 inovasi you boleh punya 1001 strategi yang terbaik ini nge-rap Van Winkle investing disebut juga paint hold refund wingkel adalah tokoh dalam novel karya Washington Irving 1819. Ia suka tidur Suatu hari ia tidur di bawah sebuah pohon dan baru bangun 20 tahun kemudian setelah mendusin ia menyadari bahwa segala sesuatu telah berubah istrinya yang galak dan para sahabatnya telah meninggal ini ajaran baru ,ajaran baru nih penuh inovasi mari ada saatnya ketika tidak mengerjakan apapun merupakan suatu bentuk kecerdasan investasi investor yang bijak dapat menghasilkan uang ketika dia tidur.Tidur adalah jalan untuk meraih kekayaan , sangat inovasi ini tidak bertindak adalah suatu tindakan yang bagus jika kita sudah memiliki saham perusahaan yang hebat bukan tidur ada yang terbaik strategi Warren Buffett do nothing investing Warren Buffett dan partnernya cari Munger mempraktekkan donating ini Warren Buffett strategi investasi Warren Buffett tidur itu kaya .Out for your little one week end then you to make money mo money when snoring dan when aktif-aktif ngorok dapet duit dia lebih banyak waktu ngorok .Ini contoh saham.bca ya waktu Ipo dulu 1400 tahun 2020 tahun yang lalu udah jadi 81 jadi 22 jadi 44 jadi delapan kalau sekarang harga Rp30.000 , 8 jadi 240.000 ya Jadi kalau beli 1400 20 tahun yang lalu sekarang jadi 240.000 kalau belinya cuma selembar .Kalau beli satu juta lembar Gimana kalau beli satu juta lembar 1,4 miliar tidur 20 tahun begitu bangun ruang itu jadi berapa jadi 240 miliar loh. Bukan khayalan bukan imajinasi tapi ini kisah nyata kisah nyata enak ya beli saham BCA kerja keras enggak .Enggak ngantuk tidur yang terbaik you coba-coba banget tidur you melek nggak tahan jualan you pasti take profit ya yo yo baru Untung 10% udah jual pasti analisis fundamental memperhatikan kondisi kandang dan kesehatan sapinya ,sapi adalah analogi untuk perusahaan dan kondisi kandang adalah kondisi pasar modal teknikal analisis teknikal hanya memperhatikan pergerakan ekor sapi ekor sapi ekor adalah analogi untuk harga sampainya kondisi kandang dan sapinya tidak penting bahkan mungkin ia tidak peduli apakah sapinya sakit atau lagi bete yang penting ekornya masih bergerak naik turun ya ada 75% orang yang menggunakan teknik lele sisanya 25% yang pakai fundamental.

Ekor Sapi Investasi
Ekor Sapi Analogy

Ada satu buku karangan Benjamin Graham judulnya intelligent investor Warren Buffett membaca buku ini tahun 1949 ketika usianya 19 tahun ketika dia membaca buku ini dibilang pengarang buku ini hebat sekali dimana dia ya ? o ternyata dia mengajar di Colombia university di New York sebelah rumah dia ada Universe Bagus namanya Nebraska universal yang kamu kuliah disitu langsung dia terbang. Dia belajar dari Benjamin Graham di dalam pengantar buku itu ada pendapat dia mengenai teknikal Analisis dia bilang we do not hesitate to the clear that this approach is fallacies S episode populer Ketika saya membaca kata Valley saya nggak tahu artinya apa Jadi saya buka kamus bahasa inggris-indonesia karangan Hassan shadily ternyata di kampus itu ditulis flashes artinya tidak benar keliru dan menyesatkan jadi pendekatan teknikal itu adalah tidak benar keliru dan menyesatkan .Hari ini pun buku Warren Buffett mengatakan menurut Warren Buffett analisis yang hanya didasarkan pada grafik volume dan pergerakan harga tidak berarti apa-apa kecuali omong kosong tidak bermakna. Warren Buffett bilang tidak perlu analisa teknikal satu hari saya diundang buka perdagangan saham yang 6000 triliun itu kalau akhir tahun kemarin dibuka oleh Menteri Keuangan pembukaan tahun dibuka oleh pak presiden tengah-tengah dibuka oleh saya aja ya .Wah investor saham juga dapat penghargaan juga ya ini dia bilang setelah sukses berinvestasi saham lonceng menikmati hidupnya setiap hari ia duduk di taman rumahnya dari pagi hingga malam dan melakukan tiga hal arti air Right thing and invest ia membaca 4 koran laporan keuangan perusahaan dan data statistik pasar modal karena pengarang buku ini dan yang gambar belum pernah ke rumah saya jadi keliru gambarnya bukan begini harusnya begini toh rasanya rumah saya ,pagi-pagi jam biasanya saya pungut in koran ada empat dari depan rumah saya .

Baca Koran
Baca Koran Minum Kopi

Saya baca orang di taman dirumah saya dengan secangkir kopi itu yang paling saya nikmati tapi milenial milenial nggak bakalan baca koran pepper rice saya orang jadul yang masih baca koran pepper tapi sebentar lagi juga yang paper paper mati semua hehehe habis yang baca tinggal saya doang yang tua-tua Mama Pak Hermanto jangan-jangan yang milenial mana mau beli koran mahal-mahal Ya sebulan masa masih warna Meratus Saya baca koran baca laporan keuangan Annual Report baca aksi-aksi korporasi dari Bursa Efek Indonesia Hai sebuah patung inspiratif dari Jepang menunjukkan bahwa bobot mu tidak ditentukan oleh ukuran tubuh tapi dari berapa banyak buku yang kamu baca ada orang gemuk baca buku satu dengan anak kecil baca buku 4 ternyata si anak kecil lebih berat lo membaca adalah jendela dunia eh hai bahasa Mandarin pun ada pepatah bunyinya demikian Sulistyo yuwang Chingu Suli artinya di dalam buku wangjing artinya masfuk dari UC dari rumah jadi di dalam buku ada rumah emas orang yang pajak membaca dia jadi banyak tahu orang yang panjang tahu dia dekat dengan kepintaran orang yang dekat dengan kepintaran dekat dengan kekayaan membaca adalah sumber inspirasi do’a Hai strategi Warren Buffett you have to read Jln corporate and your report and the financial statement rupanya kunci sukses dari Warren Buffett adalah membaca laporan keuangan yang sangat banyak jadi dia tahu berusia 100 tahun tapi masih dibutuhkan mau bekerja memori , ini pendapat orang Baffett if you don’t find a way to make money while you sleep you work until you die kalau anda tidak bisa menghasilkan uang ketika tidur anda harus bekerja sampai mati ada lima hal yang saya tidak punya satu Saya tidak punya tempat berusaha dua Saya tidak punya pelanggan satupun tiga Saya tidak punya karyawan secara langsung satupun secara langsung secara tidak langsung banyak kalau saya punya 14 persen di Petrosi Petrosi karyawanya 5000 artinya 700 karyawan-karyawan saya kelakar Lo Kheng Hong , yang keempat saya enggak punya partner nggak punya Bos satupun yang kelima saya nggak punya utang satu rupiah pun, ada lima hal yang saya enggak punya saya orang yang tidak punya bisa menjadi seorang triliuner tanpa tempat usaha tanpa pelanggan tanpa karyawan tanpa pos dan partner tanpa hutang berkat Tuhan itu begitu ajaib dalam hidup saya berkat Tuhan itu begitu besar dalam hidup saya hampir tidak mungkin ada orang seperti ini .Warren Buffett bilang dia punya uang 80 Milyar Dollar ada satu yang dianggap bisa beli apa itu waktu ya ada empat macam orang di dunia ini satu orang yang banyak waktu tapi tidak punya uang siapa dia di adalah pengangguran hidupnya jadi benalu buat orang lain , dua orang yang banyak uang tapi tidak punya waktu siapa dia pengusaha dan para eksekutif nomor tiga orang yang tidak punya uang dan tidak punya waktu siapa dia di adalah karyawan yang gajinya kecil UMR tiap hari dia sibuk bekerja habis bulan gajinya habis dan orang yang tidak punya waktu tidak punya uang ini jumlahnya paling banyak signifikan yang keempat orang yang bukan hanya banyak-banyak uang tapi juga punya awak banyak waktu siapa dia dia adalah sleeping investor dianggap punya kerjaan ada pepatah bahasa Inggris bilang Time is money itu keliru time is more valuable than money ( by Lo Kheng Hong ) uang yang kita belanjakan bisa kita cari lagi waktu kita yang sudah lewat lalu enggak bisa balik lagi lo hidup kita adalah waktu kita adalah hidup kita bentar lagi ya lima menit lagi Ya udah disuruh berhenti . Being Rich saving money by wealthy Saving Time ( Lo Kheng Hong )ya katanya kerjaannya sekarang keliling dunia ya habis gak ada kerjaan masa tidur terus ya jalan-jalan lagi kan dipakai buat jalan-jalan ya di buku sejarah ada yang sangat terkenal namanya Tanjung Harapan letaknya tuh di bagian selatan dari benua Afrika dibungkus sejarah kita ada lututnya harapan terkenal pergi jauh sekali sampai ke Tanjung harapan deket of Good hope ternyata sampai di sana dah ada apa-apa lo lo terkenal tapi namanya sampai di buku masuk ya sebelah baik ke Ancol kali lebih ramai satu hari saya bersama dengan Warren Buffett dan pilih cat ini Boxhead suwe sih order meetingnya saya datang ke rumahnya luhureun paved begitu saya datang eh di seberangnya di rumah mau dijual peti seberangnya peti seberangnya saya pikir wah jangan-jangan rumah ini disediakan buat saya ya hadiah mau beli rumah itu .Kalau enggak ada coronavirus bulan depan April Saya ingin ke sana beli rumah itu saya jadi Warren Buffett maybe setelah Oke ini ada di Omaha promosi ada stick golf namanya porame aku sukanya Warren Buffett ya Eh biasa ramainya seperti kita ke KFC ke babi Gajah Mada dia suka duduk di VIP saya datang rame setannya eh tempat Warren Buffett kosong-kosong Kamu duduk aja di sana kebaya udah dikasih Warren Buffett biasa bakal ngetik cepet stiknya gede sekali itu bahkan separuh Gan nggak bisa masuk ke satu hari ada istri John mccain datang ke Jakarta eh investor saham dijamu makan lu malem-malem ini sejajar make yang kandidat presiden Amerika kala dengan Obama if you will you will never change your life until you can something you daily The Secret of Success is found in your daily Routine sukses rahasia sukses mau itu ada di Apa yang kau lakukan tiap hari ini pernah jadi orang terkaya di dunia nomor satu mengatakan any one Who is not investing noise missing a tremendous opportunity yang terakhir Warren Buffett ia menjadi seorang investor saham bisa menjadi orang terkaya nomor tiga didunia saya pikir waktu saya sudah lewat banyak saya akhiri presentasi sampai disini . Saya Lo Kheng Hong semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi Bagi saudara semua sekian terima kasih.

Baca Juga : Value Investor-10 Kali lebih kaya dalam 30 hari dengan 3 kriteria saham ini

Apakah anda siap menjadi the next Lo Kheng Hong atau better version of Lo Kheng Hong ? Millenial Lo Kheng Hong atau jadi menantu Lo Kheng Hong …just kidding. Invest in your self first and share your knowledge with others.

Like and Share , follow our instagram @analisafundamental

Salam Sukses Investasi!!

Ayo Share follow dan like kita ya: