Membeli Saham Idaman ,Waktu Yang Tepat Untuk Membeli Saham

Membeli saham idaman hati tapi kapan waktu yang tepat untuk membeli saham idaman sering menjadi pertanyaan yang gampang gampang susah untuk kita jawab. Ditengah pandemik Covid 19 yang melanda seluruh dunia saat ini tanpa terkecuali dan di ikuti tumbang nya indeks indeks raksasa dunia rasa rasanya keputusan untuk membeli atau berinvestasi saham menjadi suatu keputusan yang sangat sulit untuk bisa di realisasikan . Apakah benar begitu ?

Semua kembali ke bagaimana cara kita melihat suatu keadaan , jika kita melihat dari sisi negative nya tentu saja kita tidak akan bisa melihat ada tidak nya peluang. Jika kita bertanya kapan Covid 19 ini akan berlalu tentu saja akan sangat sulit untuk mendapatkan jawaban yang pasti karena memang untuk saat ini belum ada yang bisa memberikan jawaban secara pasti. Kita perlu menengok kembali sejarah terjadinya pandemik besar di dunia 10 tahun hingga 100 tahun yang lalu. Kita selalu bisa menemukan solusi untuk setiap pandemik yang terjadi di dunia. Kalau tidak tentunya kita tidak akan berada di tahun 2020 ini kan. Demikian juga dengan investasi , market crash yang kita alami bukan baru pertama kali terjadi dan secara history kita selalu bisa melewati nya . Jika kita melihat dari sisi positif tentunya kita bisa melihat banyak sekali peluang yang bisa kita dapatkan diantaranya adalah harga saham perusahaan perusahaan bagus dengan harga yang sangat murah.

Mari kita perhatikan IHSG kita dalam lima tahun terakhir

Membeli Saham Idaman IHSG
Membeli Saham Idaman IHSG

Apakah ini waktu yang tepat untuk membeli saham idaman ? Jika kita perhatikan IHSG benar benar tergerus habis habisan , tercatatkan dalam 3 bulan terakhir mengalami penurunan sebesar 29.99 % dan menyentuh nilai terendah 4 tahun nya di angka 3911.716 rupiah. Banyak yang meramalkan kalau IHSG akan terus tergerus hingga menyentuh harga di bawah 3000 rupiah, apapun dan siapapun sah sah saja untuk meramalkan , ngramal kan gratis he he he . Yang perlu kita perhatikan di sini adalah rontoknya IHSG ini tentunya di karenakan saham saham penopang nya yang rontok dalam artian saham saham berkapital besar semua rontok. Serem ya ….menakutkan ya…. iyaaa kalau anda melihat dari sisi negative. Jika anda melihat dari sisi positif tentunya ini merupakan suatu peluang yang besar. Kapan lagi kita bisa melihat dan bahkan mendapatkan saham saham berkapital besar dengan harga sekarang.

Mari kita perhatikan top loser pada hari ini 30 Maret 2020 .

Waktu yang tepat untuk membeli saham
Waktu yang tepat untuk membeli saham

Dari ke 16 top loser hari ini , di dominasi oleh saham saham berkapital besar dan perusahaan perusahaan tersebut semua kita kenal. Mari kita perhatikan beberapa saham dalam list di atas apakah ini waktu yang tepat untuk membeli saham idaman ?

Indocement Tunggal Prakasa Tbk , mari kita perhatikan performance harga dari saham INTP ini.

Price Performance INTP
Price Performance INTP

Sempat tertekan di harga 8650 rupiah sebelum akhirnya sukses rebound kembali ke level harga 12425 rupiah atau rebound 11.69 % dalam waktu satu minggu. Tentunya sangat mudah untuk mengatakan seandainya kita ambil harga 8650 rupiah ya , pada kenyataan nya di saat harga menyentuh 8650 rupiah 100 % rasa takut pasti menghantui kita he he he . Hal itu hal yang wajar karena jarang sekali kita melihat saham sebagai kepemilikan perusahaan melainkan selembar kertas untuk di perjual belikan. Wrong !!! . Mari kita perhatikan berapa value dari saham INTP ini.

Fundamental INTP
Fundamental INTP

Jika kita lihat secara valuasi dengan harga saat ini 12425 rupiah kita peroleh PBVR 1.98 x dan dengan EPS 499 rupiah PER berada di angka 24.9 x dengan return 4.016 % namun jika kita mendapatkan INTP di harga 8650 rupiah , PBVR nya 1.38 x dan PER sebesar 17.33 x dengan retun 5.76 % cukup significant ya perbedaan nya. Jika anda value investor tentunya anda akan menunggu hingga PBVR mendekati atau di bawah 1 x dan perlu di perhatikan juga perusahaan yang bergerak di sektor yang sama dengan INTP ini sebagai bahan perbandingan. Jika kita berpegangan pada valuasi perusahaan tentunya kita tidak akan merasa takut dan panik saat INTP ini menyentuh 8650 rupiah.

Perusahaan Gas Negara Tbk , anak perusahaan pertamina ini tidak lepas dari hempasan kepanikan market. Mari kita perhatikan performance harga dari saham PGAS ini.

Price Performance PGAS
Price Performance PGAS

Buat yang memegang saham PGAS sejak 5 tahun yang lalu tentunya hal ini sangat menyakitkan karena dalam 5 tahun terakhir saham PGAS ini tergerus 88.13 % . Apakah ada solusi nya untuk yang memegang saham nyangkut ?

Baca : Solusi Saham Nyangkut Akut

Apakah harga saat ini 730 rupiah terhitung murah ? Mari kita perhatikan valuasi saham PGAS ini.

Fundamental PGAS
Fundamental Saham PGAS

Secara sederhana kita bisa perhatikan dengan harga saat ini , PBVR nya di angka 0.42 x dan PER berada di angka 16.01 x dengan EPS 0.0028 USD atau berkisar 172 rupiah , retun kita berada di angka 23.56 % Angka yang sangat menarik bukan ? Pertanyaan nya bagaimana jika nanti saham PGAS ini turun ke bawah 605 rupiah ? Jika patokan anda adalah value perusahaan tentunya anda sudah tahu jawaban nya tentang apa yang anda harus lakukan.

Anda bisa melakukan proses yang sama secara mandiri untuk melihat secara cepat apakah saham perusahaan itu mahal atau murah , sebagai saringan awal sebelum anda melakukan riset mendalam terhadap suatu perusahaan.

Jangan lupa untuk like dan share , and follow our instagram @analisafundamental

Salam sukses Investasi !!