Tips Dan Triks Nabung Saham Khusus Pemula

Untuk bisa menjalankan Tips Dan Triks Nabung Saham Khusus Pemula ini, anda juga harus banyak belajar tentang mengumpulkan informasi terkait dengan bermain saham.

Salah satu bentuk informasi yang bisa anda pelajari ialah mengenai Tips Bermain Saham Untuk Pemula. Sehingga pada masanya nanti, anda tidak akan mengalami kerugian yang lebih besar.

Dalam hal ini, tidak ada batasan seberapa besar anda akan menempatkan dana pada dunia investasi. Pasalnya, untuk saat ini bentuk investasi juga bisa dilakukan dengan cara menabung saham.

Tidak mempunyai perbedaan jauh dengan tabungan secara umum, di setiap bulannya anda hanya perlu konsisten menyisihkan uang untuk menabung saham.

Secara pasti, untuk bisa membeli saham, anda juga wajib mempunyai akun atau yang lazim disebut rekening efek. Untuk memulainya, anda bisa membuka rekening efek di perusahaan sekuritas.

Baik itu pada Mandiri Sekuritas, BCA Sekuritas, BNI Sekuritas, hingga MNC Sekuritas. Beberapa nama yang kami sebutkan, merupakan penyedia yang sudah terpercaya dan bisa menjadi awal bagi calon investor.

Ketika anda sudah mempunyai rekening efek, namun masih bingung tentang langkah untuk memulai nabung saham, ada beberapa tirks yang bisa diterapkan, tujuannya supaya terhindar dari kerugian.

Terlebih lagi, selain menawarkan keuntungan yang besar, investasi saham juga mempunyai risiko untuk mengalami kerugian. Maka dari itu, khusus investor pemula, harus tahu bagaimana cara menyiasatinya.

Tips Dan Triks Nabung Saham Khusus Pemula

Informasi yang kami tulis ini menurut dari hasil rangkuman dari beberapa sumber. Jadi bisa juga ada triks lain yang masih beredar diluar sana. Sehingga menuntut anda untuk lebih melebarkan kreasi.

Untuk sekedar tips yang sederhana, tidak ada salahnya jika menyimak rincian ini hingga selesai. Seperti apa? Yuk kita intip sama-sama.

1. Pilih Saham LQ 45 Dan Cek Fundamentalnya

Dengan memilih saham LQ45 yang kemudian dilanjutkan dengan pengecekan fundamental di sisi laporan income. Tentu akan menambah poin penting bagi anda yang baru belajar.

Secara jujur, untuk melakukan analisis fundamental pada salah satu saham, memerlukan effort serta niat yang sungguh-sungguh.

Pasalnya tidak sedikit orang yang merasa malas ketika berkaitan dengan analisis tersebut. Sehingga pada akhirnya akan berujung pada informasi dan isu yang beredar di media.

Setidaknya anda melakukan pengecekan pada fundamental suatu emiten dengan melihat laporan income. Hal tersebut bisa anda cari di berbagai penyedia informasi, termasuk IDX.

Dikarenakan ada begitu banyak saham yang tercatat, mudahnya anda pilih saham tergabung di LQ45. Alasannya ialah emiten yang tercatat sudah mempunyai kapitalisasi pasar serta transaksi perdagangan yang tinggi selama setahun terakhir.

Kumpulkan data ringkasan performa perusahaan LQ45. Kemudian cek satu persatu income atau revenue dari perusahaan. Hindari menabung saham pada grafik income dan profitnya naik turun.

2. Manfaatkan Stock Screener Di Trading View

Untuk lebih mempermudah dalam memilih saham yang tepat, anda bisa menggunakan stock screener di Trading View.

Dalam hal ini, Stock Screeber mempunyai manfaat untuk menyaring kumpulan saham yang sesuai kriteria yang anda inginkan. Usahakan menyaring saham berdasar kapitalisasi pasar (market capitalization), dan return on equity (ROE).

3. Memanfaatkan Chart Di RTI Infokom

Pemanfaatan chart RTI Infokom ini ialah untuk mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk anda membeli saham.

Pasalnya, menabung saham terbilang tidak afdol jika tidak memakai RTI Infokom. Pasalnya, pada website tersebut anda bisa memantau informasi fundamental yang sekaligus bisa dibarengi dengan analisis teknikal.

Dengan membeli saham pada waktu yang tepat, terhubung dengan dengan kegiatan analisis teknikal. Supaya tidak ribet, anda bisa menganalisis berdasar indikator moving average dan stochastic.

Secara umum, moving average digunakan untuk mengetahui pergerakan harga saham. Dengan demikian akan diketahui kecenderungan sedang naik atau turun.

Sedangkan untuk stochastic, sering digunakan untuk mencari tahu tentang waktu yang tepat untuk membeli ataupun menjual saham.

4. Terus Memantau Berita Ekonomi Dan Finansial

Kondisi sentimen sangat berpengaruh pada pergerakan harga saham. Dalam hal ini sangat dimungkinkan harga saham mendadak naik karena adanya berita positif terkait dengan perusahaan tersebut.

Akan tetapi, bisa juga turun lantaran berita yang negatif. Intinya, berita yang anda pantau, bisa memberikan informasi saham mana yang nantinya akan diklaim.

Yang terpenting juga, kondisi ekonomi pada suatu negara. Jika kondisi ekonomi negara sedang baik, bisa dipastikan IHSG sangat mustahil untuk bergerak terjun (menurun).

Sekian dari kami, Salam sukses investasi.

Ayo Share follow dan like kita ya: